Close

SIDOARJO, DETEKSIONLINE.COM – Dampak terjangan angin puting beliung yang memporak porandakan puluhan rumah warga desa Randegan dan desa Ganggang Panjang kecamatan Tanggulangin Rabu (13/2/2019) sore, Polsek Tanggulangin menindaklanjuti adanya bencana alam angin puting beliung tersebut.

Polsek Tanggulamgin secara tanggap mengerahkan personilnya dibantu polsek Porong,polsek Jabon bersama   TNI dan  BPBD kabupaten Sidoarjo serta  komunitas peduli bencana untuk melakukan bakti sosial dilokasi bencana Kamis (14/2/2019).

Sebelumnya Kapolsek Tanggulangin Kompol Hardyantoro bersama Danramil Tanggulangin Kapten Karyo Edi memimpin Apel kesigapan anggota di balai desa Randegan guna mengecek sarana dan prasarana yang akan diberikan kepada masyarakat. Polsek juga melakukan koordinasi dengan Forkopimka dan instansi terkait dalam mengatasi bencana yang menimpa masyarakat 2 desa tersebut

Kegiatan bakti sosial oleh Forkopimka Tanggulangin dibantu  Polresta Sidoarjo menurunkan personil ke lokasi bencana alam di wilayah desa Randegan dan desa Ganggang panjang Kec Tanggulangin untuk membantu polsek Tanggulangin melakukan pembersihan reruntuhan rumah dan bangunan yang terkena terjangan angin puting Beliung.

Kapolsek Tanggulangin Kompol Hardyantoro  mengatakan Polresta Sidoarjo juga mengirimkan tenaga medis dari urdokkes Polresta Sidoarjo guna melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada warga masyarakat 2 desa tersebut. “Hal ini bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan pengobatan pasca terkena bencana alam. Dan dapat mengurangi tekanan psikis akibat musibah tersebut,” papar Hardyantoro

Kapolsek Tanggulangin Kompol  Hardyantoro di lokasi saat melakukan pendampingan pengobatan gratis tersebut kepada wartawan Kamis (14/2/2019)mengatakan Polri secara maksimal membantu warga masyarakat yang terkena musibah.Salah satunya melalui pengobatan gratis tersebut agar warga yang sakit bisa segera diobati dan beban psikis korban bisa di pulihkan.

Salah satu warga masyarakat RT 8 H Mujib mengungkapkan sangat senang dan berterima kasih atas bantuan tanggap darurat yang dilakukan oleh Polsek Tanggulangin  bersama Forkopimka. Dengan pengobatan gratis yang di berikan oleh pihak Polresta Sidoarjo juga Puskesmas Tanggulangin. “Kami juga berharap pemerintah daerah memberikan bantuan kepada kami agar kami bisa menempati rumah kami kembali semoga atas bantuan yang diberikan kepada kami dibalas oleh Allah SWT,”  ujar H. Mujib.

Sementara camat Tanggulangin  Didik Widoyoko  paska bencana saat dikonfirmasi wartawan mengatakan,kita sudah melakukan upaya pembersihan dan perbaikan ringan rumah yang terkena angin puting beliung bersama dengan forkopimka lainnya.Baik dari Polsek maupun koramil dengan menggunakan material yang ada, juga melakukan pendataan riil kerusakan rumah warga serta kebutuhan material perbaikan untuk dikoordinisakan dengan BPBD kab.Sidoarjo. Sampai saat ini data yang masuk menurut  Yoko,untuk data jumlah rumah/bangunan di Desa Randegan kerusakan  81 bangunan dan  Desa Gagangpanjang kerusakan 16 bangunan.

“Harapan kita masyarakat bisa memahami kejadian ini dan semoga kejadian serupa tidak terjadi lagi di wilayah Kecamatan Tanggulangin,”tegas Yoko.(wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!