Politeknik Perikanan Tual Serahkan Bantuan Bagi Mahasiswa Berprestasi

Penyerahan Bantuan Beasiswa Kepada Mahasiswa Berprestasi Dari Direktur Lippo Grup.

MALUKU TENGGARA, DETEKSIONLINE.COM : Politeknik Perikanan Negeri Tual menggelar acara Kegiatan Penyerahan Bantuan Bagi Mahasiswa Berprestasi LIPPO ( BMBL ) tahun 2018 di Ball Room Lantai III, Senin (11/02/2019).

Penyerahan bantuan yang dihadiri oleh Wakil Bupati.Ir Petrus Beruatwarin M Si, Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge.SE, TNI/Polri, kepala SKPD, BUMN/BUMD dan pimpinan perusahaan perikanan di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara Serta presiden komisaris lippo group bapak Drs. Theo L. Sambuaga

Wakil Bupati Maluku Tenggara

Dalam Sambutannya Dani S Royani S,Pi. M, Si, selaku Pembantu Direktur I (PUDIR) Mewakili Direktur Menyampaikan bahwa kehadiran Drs.Theo L Sambuaga bersama rombongan di kampus polikant Negeri Tual skaligus untuk memberikan bantuan bagi calon Mahasiswa berprestasi LIPPO (BMBL) Tahun 2018

Sejak dinegerikan pada tahun 2004, polikant terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan. capaian kinerja politeknik perikanan negeri tual dalam 4 tahun terakhir ini dapat dikatakan cukup mengembirakan.dalam bidang pendidikan dan pengajaran beber Royani

Lebih lanjut, semua program studi di Polikant (4 prodi d3, 6 prodi sarjana terapan) telah melakukan revisi kurikulum dan menerapkan kurikulum kkni serta mengacu pada konsep revolusi industri 4.0.pelaksanaan seminar internasional MSFT (marine science and fisheries technology) yang ke 3 (2019) penggunaan it untuk mendukung pembelajaran dan adinistrasi akademik (antara lain : google class & simak)

Selain itu, Royani Menjelaskan Polikant Negeri Tual Telah meningkatkan kualitas mutu pendidikan dalam bidang penelitian dan publikasi
publikasi jurnal terindeks scopus : dari tahun 2017 : 16,
tahun 2018 : 3,
paten : 4
hki : 9 (2016-2018)

Bidang kemahasiswaan
kegiatan penalaran dan kreativitas : program kreativitas mahasiswa yang sejak 2018, kita sudah mulai mengikutkan mahasiswa secara nasional, kompetisi bisnis mahasiswa indonesia, lomba bahasa inggris tingkat nasional (NPEO) di bandung, lomba aitec (agricultural innovation technology competition serta porseni (pekan olahrga dan seni) politeknik se indonesia di jakarta dengan capaian maksimal memperoleh medali emas untuk cabang karate.
kegiatan kewirausahaan dan kesejahteraan : expo kewirausahaan mahasiswa indonesia di bogor pada bulan oktober 2018, dengan polikant sebagai satu2nya perwakilan dari maluku dan papua. Kata Royani Dalam Acara Tersebut

Royani Mengatakan dalam bidang kerjasama, polikant telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 70 instansi/lembaga dan industri dalam negeri dan 11 kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri.

Pada tanggal 21 januari 2019, polikant bekerjasama dengan fhci (5 kementerian bumn dan 142 perusahaan) mengikutkan 11 mahasiswa untuk magang bersertifikasi selama 6 bulan) di surabaya, semarang dan banjarmasin.

Mewakili Direktur, civitas akademika polkant Royani menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi–tingginya kepada group lipo, atas kepercayaan kepada polikant sebagai salah satu dari 10 ptn penerima beasiswa bmbl lipo di tahun 2018.

acara penyerahan beasiswa pada hari ini adalah merupakan tindak lanjut dari penyerahan bantuan beasiswa oleh pendiri dan chairman lippo group, dr. mochtar riady kepada menteri riset teknologi dan pendidikan tinggi (menristekdikti), prof Mohamad Nasir phd ak di Jakarta.

Royani Menjelaskan saat ini, di polikant terdapat 505 jumlah mahasiswa penerima beasiswa yang terdiri 412 bidik misi dan 93 ppa. kriteria utama penerima bmb lippo group ini ialah mahasiswa yang memiliki prestasi di polikant dengan latar belakang keluarga tidak mampu.
Kepada 100 mahasiswa penerima bmb lipo, semoga dengan adanya pemberian bmb lipo ini dapat menambah motivasi untuk terus meraih prestasi dan membanggakan polikant.

Ungkapan penyesalan Royani dilontarkan agar ada perhatian penuh dari kedua pemerintahan yang ada di wilayah kota tual dan Maluku tenggara terkait dengan, pada setiap tahun penerimaan mahasiswa baru, terdapat banyak calon mahasiswa baru polikant yang mengundurkan diri karena namanya tidak lolos seleksi mahasiswa penerima bidik misi.
Hal ini terlihat pada saat registrasi ulang mahasiswa baru. untuk itu mereka harus diberikan akses untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Oleh kerna itu Royani berharap kepada wakil bupati maluku tenggara dan walikota tual yang hadir saat ini, maka saya ingin mengajukan agar pada tahun2 mendatang kedua pemerintah daerah berkenan memberikan bantuan beasiswa daerah bagi mahasiswa dan dosen/ tenaga kependidikan serta bantuan infrastruktur di polikant. hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kapasitas dan ketrampilan sdm di kedua daerah ini agar sumber daya manusia yang ada di kawasan ini dapat diberdayakan secara optimal.

Kata Royani, melalui program beasiswa yang diberikan pemkab/pemkot akan sangat membantu polikant dalam mendukung pemerintah daerah khususnya dalam mebangun sdm berkualitas, karena memang yang kuliah di polikant banyak dari keluarga kurang mampu, namun memiliki keinginan yang kuat untuk menuntut ilmu yakni kuliah.

Dorongan terus Royani Lontarkan Kepada Lippo Grup Karena apa yang telah dilakukan oleh lipo group pada hari ini dapat diikuti oleh bumn yang ada di kedua daerah ini untuk berkontribusi dalam memperkuat daya saing bangsa dengan memberikan akses pendidikan bagi anak berprestasi yang tak mampu.(Paet)

Leave a Reply