Operasi Simpatik, Polisi Militer Lantamal V dan Polres KP3 Bagi Helm dan Mawar

SURABAYA,DETEKSIONLINE.COM – Upaya meningkatkan  keselamatan dan penertiban para pengendara, Polisi Militer Lantamal V bekerjasama dengan Polres KP3 Tanjungperak menggelar razia Operasi Simpatik Tahun 2019, Kamis (7/2/2019).

“Operasi ini merupakan wujud sinergitas Polisi Militer Lantamal V dengan rekan Kepolisian,” kata Komandan Polisi Militer Lantamal V Kolonel Laut (PM) Joko Tri Suhartono.

Operasi Simpatik 2019 ciptakan  dalam bekerja sama wujud sinergitas POM Lantamal V dan Kepolisian

Menurut Joko operasi tersebut bertujuan untuk melakukan penertiban para pengendara sepeda motor maupun mobil yang tidak melengkapi surat-surat maupun kelengkapan dalam berkendaraan.Pada kegiatan ini  dikedepankan langkah persuasif dan teguran.

“Pihak Polisi Militer berharap para pengendara di jalan raya khususnya personil TNI AL untuk memahami dan melengkapi perlengkapan dalam berkendaraan seperti dokumen SIM dan STNK, hingga menggunakan helm standar atau sabuk pengaman,” papar Joko.

Komandan Polisi Militer Lantamal V  dalam kegiatan itu juga membagikan helm biru yang merupakan standard kelengkapan berkendaraan motor khususnya bagi personil TNI AL.Sedangkan yang kedapatan helmnya tidak sesuai aturan ataupun yang sudah tidak layak. Hal ini ditujukan untuk mengingatkan kepada para pengendara motor khususnya personil TNI AL untuk mengedapankan keamanan dalam berkendara,tegas perwira dengan tiga melati di pundaknya itu.

Wakapolres KP3 Tanjungperak Kompol Faisol terlihat memberhentikan pengendara motor sipil yang helmnya sudah tidak layak pakai dan menggantinya dengan yang baru.

“Saya kaget pada saat diberhentikan pak Polisi Militer, saya kira ada kesalahan dari saya tapi ternyata justru saya diberikan helm baru dan gratis pula secara cuma-cuma, katanya untuk keselamatan saya,” kata Rahmat salah satu pengendara motor yang dihentikan sambil tersenyum.

Kegiatan sedikitnya melibatkan personil gabungan sejumlah 60 orang yang terdiri dari Polisi Militer Lantamal V dan Polres KP3 Tanjungperak yang ikut dalam operasi simpatik tersebut juga memberi penyuluhan dan penjelasan kepada tiap pengendara yang mendapatkan helm secara cuma-cuma tersebut .

“Ini termasuk memberikan arahan kepada mereka untuk mematuhi aturan dijalan raya dan tidak melanggar rambu-rambu ,” kata Joko.

Dalam kegiatan terdapat hal unik dimana terlihat para pengurus Ranting C Korcab V Jalasenastri yang ikut turut membagikan helm secara gratis tersebut kepada pengendara motor yang helmnya sudah tidak layak pakai. Pembagian helm gratis juga disertai pemberian bunga mawar yang bertuliskan Dirgahayu Polisi militer. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesan bahwa Polisi Militer TNI AL juga humanis.

Diketahui kegiatan ini masih merupakan rangkaian peringatan HUT Polisi Militer TNI AL yang akan dilaksanakan pada 20 Februari 2019 mendatang.(wan)

Leave a Reply