Close

SIDOARJO,DETEKSIONLINE.COM – Upaya pencegahan dan antisipasi kriminalitas serta ciptakan rasa aman calon penumpang pesawat di bandara Juanda baik Terminal 1 dan 2, Denpomal Lanudal Juanda rutinkan patroli unit K9 Kamis (7/2/2019).

 

Kepada Deteksi, KLK POM Yuswanto selaku Kanit K9 Denpom Lanudal Juanda saat ditemui di Bandara Juanda T2  Kamis (7/2/2019) menyampaikan,ini kegiatan rutin dalam satu Minggu  dua kali untuk waktu dan jam tidak kita tentukan atau secara acak.Untuk lokasi patroli tempatnya dari T1 dan lanjut T2 kedatangan dan keberangkatan 1A dan 1B,keberangkatan  T2  dan kedatangan. “Kami ingin menciptakan keamanan,kenyamanan dan kondusifitas Bandara Juanda dan calon penumpang agar tidak ada tindakan kriminal masuk dan keluarnya barang-barang terlarang seperti narkoba,” terang KLK Yuswanto.

Kanit K9 Denpomal Lanudal Juanda patroli rutin di Bandara Juandan T1 dan T2 Kamis (7/2/2019)

Sementara Danpenpomal Lanudal Juanda Letkol Laut (PM) Edwin Heryana saat dikonfirmasi dikantornya mengatakan keterlibatan unit satwa K9 terlibat dalam kegiatan pengamanan bandara khususnya patroli dilaksanakan secara periodik seminggu bisa dua atau tiga kali. Waktunya kita acak khususnya pada saat waktu rame kami tunjung,kita biasanya gunakan dua ekor satwa kita laksanakan bergantian baik di terminal T1 maupun terminal T2 keberangkatan dan kedatangan.

“Waktunya kita acak sesuai kebutuhan di saat-saat tertentu mungkin pada saat rame ataupun di saat-saat senggang pun tetap kita laksanakan jadi tidak terbatas waktunya, “tutur Edwin.

Tujuan utama dan harapannya pertama kita memberikan rasa aman termasuk juga untuk menyimpulkan ketertiban ,contoh pada saat pintu gate masuk ya kalau ada seseorang yang berniat berbuat sesuatu (kejahatan)tapi kalau sudah ada beberapa petugas dengan segala perlengkapannya  otomatis akan memberikan efek terkejut.” Hal ini untuk keamanan dan kenyamannan penumpang dan menghindari dan melacak barang-barang terlaramg (narkoba)masuk lolos,” utup Edwin.

Salah satu calon penumpang pesawat SQ tujuan Tokyo Kelisya mengatakan intinya dengan pemeriksaan yang di bantu dengan satwa K9 POM Juanda ya seneng lah ,karena tidak semua manusia yang tau dengan adanya yang akan terjadi tindak kejahatan.Dan pastinya juga tidak takut karena menambah tingkat keamanan.kata Kelisya penumpang tujuan ke Tokyo yang akan terbang bersama saudara perempuannya.(wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!