Close

Kapolsek Candi Kompol Fatahul Azmi didampingi beberapa perwira polsek saat pemeriksaan kesehatana di Mapolsek Rabu (16/1/2019)

SIDOARJO, DETEKSIONLINE.COM  – Antisipasi dan deteksi dini penyakit terhadap anggota,,rutin dilakukan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) Polresta Sidoarjo kepada anggota polsek.Seperti yang dilakukan di Mapolsek Candi puluhan anggota polisi diperiksa kesehatannya,khususnya tensi darah dan kemungkinanan ada penyakit lain Rabu (16/1/2019).

Lyliana satu dari tim Rikkes Polres kepada wartawan menyampaikan, ada program setiap bulan namanya pelayanan kesehatan keliling, jadi jangkauannya 18 Polsek di wilayah hukum di Sidoarjo.”Yang kita lakukan memeriksa kesehatan anggota.Kalau ada tahanan yang sakit ya kita periksa,seperti tadi ada tahanan yang mengeluh masuk angin (sakit),” ujarnya.

‘’Untuk anggota kita periksa tensi darahnya,atau misalkan ada keluhan riwayat darah tinggi,kencing manis kita beri obat sesuai dengan penyakitnya,” jelas Lyliana.

Kalau memang keluhannya tidak bisa diobati dengan pengobatan yang kita bawa, nanti dilakukan penanganan lebih lanjut karena pengobatan yang kita lakukan pengobatan sederhana.selanjutnya bisa ke klinik atau rs.”Kami datang biasanya biasanya tiga personil,satu driver,dua paramedis terang pns pengatur tingkat satu tersebut,” kilahnya.

Sementara Kapolsek Candi Kompol Fatahul Azmi saat ditemui deteksi Rabu (16/1/2019)mengatakan ini adalah program bulanan kegiatan rutin dari tim Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) Polres yang turun ke polsek-polsek jajaran. Intinya untuk mendeteksi lebih awal apabila ada personil yang mengalami atau mengidap penyakit,bisa juga tidak sehat yang dialami,apabila ada ditemukan penyakit segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Lanjut Fatahul,kepada 10 anggota yang sudah dilaksanakan pemeriksaan ,belum ditemukan penyakit atau kelainan.Sehingga diyakinkan bahwa personil polsek Candi kondisinya bagus dan sehat,bila kesehatan personil terjaga bisa meninggatkan kinerja.

‘’Kalau tahanan ada sendiri pemeriksaan rutin secara berkala tetap dilakukan oleh Pemeriksaan Kesehatan ( Rikkes) Polres Sidoarjo yang berbeda waktunya,’’tegasnya.

“Dengan kedatangan tim Rikkes Polres kami menaruh harapan kualitas kesehatan daripada anggota bisa ditingkatkan,karena padatnya kegiatan anggota hanya bisa dengan sebulan sekali kontrol rutin sehingga fisik bisa menurun,agar bisa maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Bersamaan Iptu Yulius Kanit Binmas Polsek Candi menambahkan,memang benar dengan telah dilaksanakan kontrol rutin oleh tim rrikes Polres bisa terdeteksi apabila ada yang mengidap penyakit.”Dan bila anggota sehat bisa meningkatkan kinerja,” imbuhnya.(wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!