Close

SIDOARJO,DETEKSIONLINE.COM: – Maksimalkan  tugas sehari-hari Polisi Militer, Angkatan Laut Juanda mengoptimalkan latihan satwa (Unit K9) dalam menjalankan tugas.

Terkait hal tersebut, Dandenpomal Juanda Letkol Laut (PM)Edwin Heryana,S.AP M memimpin langsung latihan Unit K9 di halaman Mako POM Juanda Kamis (10/1/2019)

Letkol Laut (PM) Edwin Heryana, S. AP,. M.Tr Dandenpomal Juanda kepada Deteksionline.com memaparkan  kesatuannya  memiliki unit satuan K9, adapun tugasnya salah satunya di dalam melaksanakan pengamanan obyek vital, khususnya di bandara. “Dengan unit K9 Ini kita melaksanakan patroli atau pemeriksaan barang yang mencurigakan dan sebagainya.terhadap barang ataupun terhadap orang,” paparnya Kamis (10/1/2019).

Letkol Laut (PM) Edwin Heryana, S. AP. M.Tr Hanla. Dandenpomal Juanda saat pelatihan K9

“Kita memiliki 6 ekor satwa K9 di Denpomal Juanda, yang  semua kita latih sesuai dengan  standart potensi yang kita harapkan, yang dimiliki tiap”satwa yang ada. Baik itu untuk mungkin  penyerangan, ataupun tindak pidana lainnya,”jelas Edwin.

Selain itu juga K9 untuk pada saat latihan P1 dan P2,menghalau para unjuk rasa. “Dari beberapa  ekor kita punya Herder, Dupermen, Pitbul, Lamberador, dan Belgi.Disini ada program sendiri dalam pelaksaan  perawatan kesehatan ,serta  latihan-latihan bahkan kapan olah raga  dan rekreasi dalam. posisi siaga siap tugas,” jelas Dandenpomal.

Yang utama K9 juga dilibatkan untuk mengawal dan pengamanan RI 1 dan RI 2 bila ada kunjungan, Serta patroli seminggu dua kali melibatkan dua unit satwa dengan tiga pelatih.

Harapan kita dituntut  profesionalisme dari berbagi macam baik matrial maupun personil alat pendukung lainnya.Termasuk satwa ini bagian dari Denpomal Lanudal Juanda yang harus siap siaga dalam bertugas. “Oleh karena itu kita laksanakan perawatan dan pelatihan dengan mendatangkan pelatih seperti untuk meningkatkan kemampuan satwa tersebut,” ujarnya..

Sementara KLK Yusmanto menambahkan  kalau perawatan khusus  sesuai pengalaman yang dipelajari dari Hari (pelatih.red) untuk yang utama, dilakukan kebersihan pagi dan sore.Setelahnya pemberian  makan lalu dibersihkan kembali. ‘Jadi kebiasaan dari satwa setelah kita kasih makan pasti buang kotoran,” ujarnya.

“Untuk  perawatan  khusus  yang lain mengoptimalkan mandi itu 1 minggu  2 kali untuk  satwa.Dan dari segi kesehatan,kita rutin faksin kita lakukan 1 tahun sekali untuk  satwa dan untuk  vitamin setiap  hari pakai suplemen setiap hari agar stamina  tetap terjaga,” ucap Yuswanto kepada wartawan.

Hari pelatih yang didatangkan Dandenpomal tersebut menambahkan  untuk pelatihan satu satwa satu pelatih  supaya lebih dekat untuk  pelaksanaannya. Satwa dilatih kepatuhan yang pertama,penyerangan, pelaksaan, dan. Pendekatan pada satwa 1 bulan awalnya.

Meski ada suka dan duka,namun lebih banyak sukanya.Yakni ketika latihan sama tim.Dalam melatih kespesialisasi(cegah tangkal pelacakan dan narkoba dam bahan peldak pelacak umum).Spesial guard dog,instalasi vital gudang,senjata,alusista,pengamanan lainnya,” kata Hari yang dikenal dekat dengan berbagai jenis anjing  sejak tahun 1960. (wan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!