Close

BELITUNG,DETEKSIONLINE.COM-Pembangunan Kantor Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung diduga bermasalah dan diduga tidak sesuai dengan RAB dan Speck.Padahal dana itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun Anggaran 2018.

Lebih patal lagi, proyek pembangunan kantor Desa itu sampai saat ini belum selesai dikerjakan. Tetapi ternyata surat pertanggungjawaban alias SPJ-nya sudah rampung dibuat.

Sementara itu Terape Kades Tanjung Binga saat ditemui dilapangan , mengakui kalau pembangunan kantor desa itu sudah telat dan realidasi fisik baru sekitar 60 persen.

“Lewat batas pengerjaan dan kami memang mengakui dan itu bukan faktor kesengajaan dan itu semua pada dasarnya pemesan instuktur dan itu sesuai dengan undang undang, kita sudah laksanakan berbentuk TPK (tim pelaksana kegiatan) unsur,” kata Terape kepada deteksionline, Jumat (11/01/2019) Siang melalui telepon.

Adapun, semua kegiatan pekerjaan proyek yang ada di Desa tersebut, dikerjakan dengan cara suadaya masyarakat,” tambah Terape.

Untuk diketahui, dipapan proyek pagu dana sebesar Rp.652.205.000,00 itu harus dikerjakan secara swakelola oleh TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) dengan Tahun Anggaran 2018 dan waktu pelaksaanannya kurang lebih 150 hari kalender.

Selain didesa Binga, permasalahan kantor Kades yang tidak selesai dibangun kantor Desa Pegantungan Kecamatan Badau Kabupaten Belitung.

Namun masyarakat mempertanyakan semula anggaran tertera pada Papan Proyek Rp1.199.690.000 tetapi setelah kerjaan tidak selesai anggaran berubah menjadi Rp.900.000.000.-

Kepala Desa Pagantungan , Ahid membenarkan mengenai perubahan anggaran pada papan proyek, namun Ahid berkilah itu hanya salah cetak.

“Itu salah cetak pak”, jawab Ahid saat dikonfirmasi deteksi online dilapangan, Jum’at (11/1/2019). (kandar/herman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!