Masih Dalam Masa Pelaksanaan, Bendungan Ini Sudah Retak

  • Share

TOBOALI,BABEL,DETEKSIONLINE.COM-Diduga dalam pengerjaannya proyek Bendungan Mentukul ini dikerjakan tidak sesuai Speck dan RAB, akibatnya realisasi dari pekerjaan Bendungan itu terlihat sudah mengalami keretakan pada bagian fisiknya walaupun pekerjaannya masih berlangsung.

Hal itu terjadi pada proyek Bendungan Mentukul di Desa Rias,Toboali, Basel,Babel yang dikerjakan Direktorat Jendral Sumber Daya Air Kementerian PU PR Balai Besar Wilayah Sumatera VIII melalui Satker SNVT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan rekanan PT  Nindya Karya (Persero) dan nilai kontrak sebesar Rp. 57.870.810.000.00,.

Padahal waktu pelaksanaan proyek tersebut selama dua tahun, mulai dikerjakan awal tahun  2017 berahir 31 Desember 2018 dengan nomor kontrak HK.02.03/04/KONST/IRA.Ah-Babel/2017. Konsultan Proyek adalah PT Supraharmonia Consultindo.

Berdasarkan pantauan media, Rabu (18/12) terlihat kondisi bangunan  yang mulai retak dan retak itu tidak hanya pada satu titik melainkan terdapat beberapa titik fisik bangunan.

Selain itu keretakan pada fisik dinding tanggul, baik dinding tanggul bagian bawah pintu air utama maupun tanggul bagian samping pintu air utama.

Sementara itu Pengawas dari PT Nindya Karya Siswanto saat ditemui dilapangan menjelaskan akan segera memperbaikinya karena menurut  Siswanto masa kontrak pelaksanaan sampai Tanggal 31 Desember 2018.

“Kita akan perbaiki karena masih ada waktu dan kontrak sampai akhir Desember,” kata Siswanto, Rabu (18/12).

Dikatakannya juga , pengerjaan proyek multiyears tersebut optimis selesai dikerjakan hingga Tanggal 31 Desember. Namun progres secara keseluruhan belum saya hitung.

” Saya tidak berani memastikan berapa persen progresnya, karena bagian Engeneering  lagi pulang ke Palembang,” kata Siswanto lagi.

Sangat disayangkan sampai berita ini naik, pihak PPK Rudi Susilo ST dari Satker SNVT Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum bisa dikonfirmasikan. (man)

 

 516 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *