Close

BELINYU,BABEL, DETEKSIONLINE.COM – Kembali kawasan hutan dirambah oleh aktifitas tambang di wilayah Parit 40,kecamatan Belinyu,kabupaten Bangka,Provinsi Bangka Belitung ( Babel )  dengan menggunakan alat berat jenis escavator merk Hitachi, ini kuat dugaan masuk dalam kawasan hutan.

Selain diduga masuk dalam kawasan hutan, aktifitas tambang ini tidak berapa jauh dari akses jalan raya Belinyu ke arah pantai Romodong,tidak banyak informasi yang diperoleh dalam peninjauan lapangan saat itu.Kamis ( 1/10/2018 )

Dikarenakan tidak seorangpun dijumpai, baik di camp maupun camp – camp para penambang hanya terlihat sejumlah barang-barang penambang serta sejumlah jeriken solar (HSD) dan drum  solar.

Pemandangan lain dihalaman camp tambang pun terdapat bangunan Tepekong ( tempat sembahyang ) umat Kongfucu,tidak terlihat papan informasi keselamatan pekerjaan (K3) apalagi papan informasi mengenai tambang tersebut.

Tampak di lokasi satu unit alat berat jenis escavator merk Hitachi sedang melakukan pembongkaran tanah dalam kawasan penambangan.

“Tambang ini milik bos , warga Belinyu” kata salah seorang ini rumah tangga kepada wartawan media ini, Kamis.( 1/11/2018 )

Disinggung mengenai nama pemilik tambang ibu itu tidak mengetahui siapa nama pemilik tambang itu, Ia hanya tau pemiliknya warga kecamatan Belinyu “Gak tau pak siapa nama pemilik tambang ini,” katanya.

Sementara staf KPH Bubus Panca mengaku pihaknya belum mengetahui aktifitas tambang itu namun,ia meminta kepada wartawan untuk mengirimkan foto – foto aktifitas penambangan itu dan akan segera dilaporkan kepada pimpinan

“Maaf bapak, kalau aktifitas tambang yang bapak ( wartawan ) maksud kami belum mengetahuinya, kalau bisa kirim foto foto tambang itu pak, nanti segera saya laporkan kepada pimpinan,” ujar Dina Salasia kepada wartawan, Kamis ( 1/12/2018 ). [jul]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!