Close

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM- Marga Xiao merupakan marga terbanyak ke 30 dari kurang lebih 500 marga Tionghoa yang ada di dunia  bahkan Marga Xiao telah 8 kali menjadi Perdana Menteri  27 kali menjadi raja dalam sejarah Tiongkok.

Demi  melestarikan Marga Xiao dan mempererat tali silaturahmi maka dibentuklah Marga Xiao Indonesia.

Ismanto, sekertaris  Marga Xiao Internasional dan Wakil Ketua  Marga Xiao Indonesia  berharap bisa memajukan dan mempertahankan eksistensi Marga Xiao Internasioal dan Indonesia.

Dibentuknya Marga Xiao Indonesia beberapa tahun lalu  bertujuan untuk mempertahankan  dan melestarikan budaya Tionghoa.  Mengembangkan komunitas.  Mempererat silaturahmi dan komunikasi sesama Marga Xiao.  Memperkuat   pertumbuhan ekonomi dengan menjalin hubungan bisnis.

Ismanto yang juga pengusaha sukses ini  menjelaskan  untuk melestarikan dan menghormati para leluhur tiap tahun selalu diadakan pertemuan pada acara tertentu.

” Demi melestarikan  budaya  kita implementasikan dengan kehidupan sehari hari, misalnya   memperingati hari bacang dengan  makan bacang,  setiap tahun kita berkumpul untuk memperingati  Imlek dan tahun baru,  merayakan sembahyang musim dingin dan musim panas,  perayaan ceng beng,  melakukan  sembahyang setiap bulan tujuh terbukanya pintu akherat, “jelasnya kepada  Amunisi.

Bicara budaya dan ajaran Ismanto  memaparkan tentang budaya Tiongkok yang tidak pernah  perang karena agama.

” Di Tiongkok tidak pernah ada perang karena agama karena pemerintahan Tiongkok  tidak akan memasukan agama di politik, boleh minta pendapat tapi tidak boleh ke politik, ajaran China yang terkenal adalah Tridharma atau tiga ajaran  di gabung menjadi satu. Yaitu ajaran Taoisme, Budhiesme dan Konfusianisme,” jelasnya.

“Bahkan Laksamana Cheng Ho pengelana dunia  yang juga muslim terkuat asal Tiongkok ini,   pernah memerintahkan beberapa muridnya untuk membangun tempat  ibadah,  pertukaran budaya, perdagangan, dan pesan perdamaian yang   saat ini masih bisa di rasakan , ” tutur Awie lagi, panggilan sehari hari Ismanto.

Marga Xiao juga pernah mengadakan acara Pagelaran budaya Tionghoa bertajuk “Xiao International Culture Week” digelar di Jakarta pada 14-17 September 2017 di L4, Neo Soho Mall, Jakarta Barat, yang di hadiri  marga Xiao senior  dari seluruh dunia. [bams]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!