by

Ohoi Debut ‘Dinobatkan’ Sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial

LANGGUR, AMUNISINEWS.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menjadikan Ohoi / Desa Debut, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial. Ini berkat kerjasana BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara.

“BPJS Ketenagakerjaan menetapkan Ohoi Debut sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan pada kegiatan peluncuran di desa tersebut,” katakan Rekton Silaban, Dewan Pengawas Ketenagakerjaan RI kepada media Amunisinews, Sabtu (27/10/18).

Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan RI, Rekton Silaban mengatakan, masyarakat terkadang mengangap bahwa BPJS Ketenagakerjaan itu sama dengan BPJS Kesehatan. “Untuk itu pada kegiatan hari ini perlu saya tekankan perbedaan antara BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan,” ujar Rekton .

“Saya dan rekan – rekan bekerja saat ini di BPJS Ketenagakerjaan, dan sebelumnya itu namanya adalah Jamsostek yang khusus bergerak untuk melindungi pekerja. UU 1945 mengatakan bahwa setiap rakyat indonesia itu berhak atas perlindungan jaminan sosial, maka sebagai wujud BPJS Ketenagakerjaan harus dapat memastikan semua pekerja indonesia di seluruh tanah air wajib untuk dilindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Menurut Silaban, bahwa dapat dilihat dari untung dan rugi, lebih bagus mengambil kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di kota-kota, di mana ada pabrik, perbankan dan industri-industri, dibandingkan ke daerah ini yang ongkos transportasinya tergolong mahal.

“Selain itu, kita merujuk pada amanat UU, biarpun desanya jauh, rakyat tetap mempunyai hak yang sama untuk mendapat perlindungan jaminan sosial, maka kita harus melaksanakannya,” ujar Rekton.

Rekton menambahkan, jaminan sosial ini secara internasional sudah dirumuskan. Salah satu faktor yang membuat rakyat miskin adalah karena tidak ada akses ke jaminan sosial, sehingga jaminan sosial ini membuat rakyat tidak jatuh miskin. “BPJS Ketenagakerjaan bukan swasta dan tidak mencari laba, ini adalah lembaga Negara tugasnya melindungi pekerja atau rakyat supaya tidak jatuh dalam kemiskinan dan sangat murah hanya Rp 16.800 sebulan, BPJS hadir untuk melindungi pekerja dari kecelakaan kerja maupun kematian, ada juga program jaminan hari tua,” katanya.

Lebih lanjut, Plt Sekda Kabupaten Malra, Matheus Teslatu menyampaikan, untuk Malra saat ini sekitar 46.100 warga masyarakat merupakan angkatan kerja dan sebagian besar adalah pekerja pada sektor pertanian dan perikanan. “Saya sungguh berharap, dengan Ohoi Debut dicanangkan sebagai Ohoi Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, maka itu dengan semua upaya – upaya untuk dapat melindungi masyarakat dari risiko pekerjaan akan semakin baik dan dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Matheus Teslatu menambahkan, bahwa program jaminan sosial ketenagakerjaan saat ini masih perlu ditingkatkan untuk pelaku usaha maupun tenaga kerja, khususnya bagi tenaga kerja sektor informal yang belum mendaftarkan diri sebagai peserta.

Selain itu, Pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan memiliki tujuan agar masyarakat dapat lebih mengenal pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan yakni program jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, serta jaminan pensiun bagi perlindungan paripurna terhadap risiko pekerjaan untuk dapat mensejahterakan masyarakat dan keluarga.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Maluku, Alias Muin mengemukakan, BPJS Ketenagakerjaan Maluku melalui program pencanangan kegaiatan ini guna memberi perlindungan seluas-luasnya bagi pekerja. “Target kita kedepan yakni pekerja formal maupun informal. Penetapan debut sebagai desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan merupakan kegiatan keempat yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan di Maluku,” katanya.

Jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kabupaten Malra dan Kota Tual sebanyak 9.000-an orang, yakni pekerja formal 7.000 lebih dan? pekerja informal sekitar 2.000. Tujuan dari pada pelaksanaan kegiatan ini yakni Ohoi Debut bisa menjadi salah satu desa percontohan bagi Ohoi-Ohoi lain. (Jeckp P)

 

 231 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed