by

Pengolahan Sampah Tak Berijin, Kades Tambun : Milik Bumdes Tak Perlu Koordinasi!

 

DETEKSIONLINE.COM – Setelah sempat meluas dan menjadi buah bibir serta menjadi pemberitaan di media online, tempat pengolahan sampah di Desa Tambun yang berlokasi di belakang kantor Kecamatan Tambun Selatan dan berbatasan langsung dengan Stadion Mini sepakbola karena didirikan tanpa ijin.

Kepala Desa Tambun, Jaut Sarja Winata langsung memberikan klarifikasi bahwa bangunan tempat Pengolahan Sampah tersebut dibangun di Tanah Milik Desa Tambun dan menjadi milik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Itu milik Bumdes, silahkan konfrmasikan aja sama pengurus Bumdes. Itu tanah punya desa dan dibuat untuk kepentingan masyarakat desa, bahkan mungkin nanti bisa buat percontohan. Masa punya Bumdes harus minta rekomendasi, dari mana aturannya bos?,” tegas Jaut Sarja Winata menjawab konfirmasi wartawan, Kamis (28/6/2018).

Namun ketika ditanya tentang sumber dan besarnya anggaran, Kepala Desa yang tetap maju lagi pertarungan Pilkades tahun ini tidak bersedia memberikan informasi sedikitpun.

Sementara itu, menurut aturan dari sumber Dinas Kebersihan Kabupaten Bekasi bahwa jika ada Tempat Pengolahan Sampah harus mendapat rekomendasi tentang Analisa Dampak lingkungan (Amdal).

Dari informasi dan bangunan yang berdiri belum sempurna ini diperkirakan telah menelan biaya ratusan juta rupiah namun tidak mendapat rekomendasi dari dinas terkait.

Menurut pengakuan Camat Tambun Selatan melalui Sekcam membenarkan bahwa TPS ini dibangun tanpa koordinasi (tanpa ijin), padahal berdiri berdampingan dengan kantor Camat dan Stadion Mini Tambun Selatan.

Sudah selayaknya setiap kebijakan dilaksanakan berdasarkan analisa menyeluruh dan bekerjasama antar instansi terkait. (Parlin Siregar)

Editor : Yori

 701 total views,  3 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed