659 Warga Binaan Lapas Cikarang Dapat Remisi Idul Fitri

  • Share

 

DETEKSIONLINE.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Bekasi, memberikan remisi atau pengurangan hukuman kepada 659 warga binaan. Remisi ini didapat bertepatan dengan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah.

“Ada sebanyak 659 warga binaan yang mendapatkan remisi,” kata Kepala Lapas Kelas III Bekasi, Kadek Anton Budiharta di Cikarang, Jumat (15/6/2018).

Anton mengatakan remisi ini diberikan berdasarkan persyaratan administratif yang telah dipenuhi oleh setiap narapida, dan persyaratan subtantif.

“Artinya, mereka telah berkelakuan baik selama menjalani masa pidana. Selain itu, juga mengikuti program-program pembinaan di Lapas Cikarang,” katanya.

Pemberian remisi ini, lanjut Anton, sudah menjadi salah satu kegiatan rutinitas tahunan, khususnya pada saat Ramadan.

Anton menambahkan, Lapas Kelas III Cikarang selama ini telah memberikan beberapa kegiatan agar saat keluar dari lembaga pemasyarakatan dan kembali di lingkungan, para warga binaan dapat berkembang.

Kegiatan itu di antaranya membuat sendok atau garpu makan dari daur ulang plastik. Juga memberikan segala bentuk keterampilan agar setelah keluar dapat berwiraswasta.

Diketahui, besarnya remisi khusus I berjumlah 651 orang, diantaranya selama 15 hari sebanyak 200 orang. Sedangkan, remisi selama 1 bulan sebanyak 448 orang. Kemudian, pengurangan selama 1 bulan 15 hari sebanyak 3 orang.

Sementara itu, remisi khusus II bagi narapida yang bebas berjumlah 8 orang, diantaranya selama 15 hari sebanyak 3 orang, 1 bulan sebanyak 5 orang.

Adapun jumlah narapirana di Lapas Kelas III Bekasi ada sebanyak 1.578 orang. Diantaranya, narapidana sebantak 1322 orang dan tahanan sebanyak 256 orang.

Sedangkan, narapidana narkoba ada sebanyak 787 orang, dan selebihnya narapidana kasus hukum lainnya. (parlin siregar)

 820 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *