Tenaga Kerja Asing di Indonesia, DPR: Kerja Setgas Tidak Jelas untuk Apa?

  • Share

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM – Anggota Komisi IX DPR RI Irma CHaniago mempertanyakan keberadaan  Satgas Tenaga Kerja Asing(TKA) yang dibentuk oleh pemerintah yang tidak jelas tugasnya, dan tujuannya.

“Satgas-satgas itu ngapain?, kalau satgas itu enggak jelas untuk apa?, kalau ada TKA yang mnelanggar harus dideportasi oleh imigrasi ata laporan pemda.Jangan dikit-dikit presiden,” kata Irma disela-sela diskusi publik di Hotel Acacia Jakarta di Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Jumat(11/5/2018).

Irma menambahkan, pemerintah seharusnya mengevaluasi para pemda(pemerintah daerah), karena bisa saja melakukan ‘main mata’ dengan TKA agar bisa tetap berkerja diwilayahnya.

“Semuanya(pemda) pada kongkalingkong, kalau enggak mungkin ada yang lolos, dilang kerja, kerja kok teledor, kalau gitu kerjanya tidak bener,” ungkapnya.

Menurut Irma, adanya Peraturan Presiden(Perpres) Nomor 20/2018 tentang TKA buka berarti memudahkan setiap TKA untuk bekerja di Tanah Air.Namun sebaknya tenaga lokal didahului.

“Tetapi,  jika dalam kedudukan yang sama, misalnya sama-sama teknisi ya harus sama gajinya baik TKA maupun tenaga lokal,” pungkasnya.

Didalam diskusi itu, Peraturan Presiden(Perpres) Nomor 20/2018 tentang TKA sempat menjadi pro dan kontra, karena dianggap dapat merugikan masyarakat Indonesia.Disisi lain, Perpres itu sebagai bagian dari perbaikan peraturan tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia. (Sapuji)

 475 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *