Anugerah Jurnalistik MH Thamrin bagi Karya Jurnalistik Terbaik

  • Share

lambang pwi

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)  DKI Jakarta terus mengarahkan dan meningkatkan profesionalisme wartawan anggotanya, dan wartawan yang berdomisili di Jakarta dan Jabodetabek, menjadi wartawan yang baik dan profesional. Caranya, selain pencerahan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik juga mengadakan karya jurnalistik yang pemenangnya dianugerahi Trophy MH Thamrin.

Kali ini, Anugerah Jurnalistik MH Thamrin ke-44 diberikan kepada wartawan media yang menulis atau membuat karya antara lain artikel, yang menjadi bidang lomba (katagori): tajuk rencana, foto, artikel layanan publik, artikellayanan umum, siaran televisi, siaran radio, online olah raga dan citizen journalism. Semua artikelyang dinilai sudah dipublikasikan periode 1 Juni 2017 hingga 31 Mei 2018

Malam Anugerah Jurnalistik MH Thamrin ke-44 ini diadakan pada Kamis (26/7/2018) di Balai Agung, Balai Kota Jakarta. “Saat itu,pemenang dari 10 katagori dari 10 bidang lomba sudah ditetapkan oleh dewan juri,” kata Ketua Pelaksana Berman Nainggolan di Jakarta, kemarin.

Anugerah Jurnalistik MH THamrin ini, kata Berman Naingglan, adalah penghargaan karya jurnalistik yang diberikan oleh PWI DKI Jakarta sejak1995/1996 dan dilaksanakan hingga periode ini (2017-2018). Sempat terhenti pada periode  1999-hingga 2002 atau empat periode karena guncangan krisis ekonomi di Indonesia.

“Tapi setelah itu, aktivitas yang termasuk program tahunan PWI DKI Jakarta ini terus berlangsung karena tujuannya sangat mulia, yakni mengarahkan wartawan agar lebih profesional lagi dalam menyajikan karya jurnalistik,” ujar Berman.

Sementara itu, Ketua PWI DKI Jakarta Hj Endang Werdiningsih mengatakan ajang ini perlu diikuti oleh wartawan di Jakarta karena salah satu outputnya adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan kepekaan wartawan terhadap pembangunan di DKI Jakarta. “Wartawan yang ikut serta boleh mengirim langsung karya kepada panitia. Panitia juga bersifat pro-aktif dalam menjaring karya tulis yang sudah dipublikasikan di media,” ujar Hj Endang.

Panitia  sedikitnya akan menjaring sekitar 400 karya tulis. Dari jumlah tersebut akan dipilih 15 karya tulis dari masing-masing katagori untuk ditetapkan sebagai pemenang. “Keputusan juri yang diketuai oleh Bpk H Kansul Hasan bersifat indefenden,” ujar Hj Endang. (Hendra Usmaya)

 

 

 

 

 522 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *