by

Longsor Tak Hambat Reuni Angkatan 85 SMEA 1 Jakpus

reuni-1

CIPAYUNG, BOGOR, DETEKSIONLINE.COM: Bencana longsor di kawasan Puncak, tepatnya di perbatasan Cianjur-Bogor pada Rabu (28/3), tak menyurutkan niat alumni SMEA 1 Jakarta Pusat angkatan 85 untuk terus merealisasikan reuni.

Mengatasi masalah tersebut, Panitia Pelaksana, Dody mengambil langkah cepat memindahkan lokasi reuni ke Wisma Arga Muncar, Cipayung, yang masih bisa dilalui pasca penutupan jalan.

“Saya minta maaf pemindahan lokasi akibat bencana tak terduga itu. Tapi, Alhamdulillah reuni ini dapat terus dilanjutkan,” kata Dody, menyampaikan permohonan maafnya.

Dody berharap, reuni ini dapat mempererat persahabatan dan terus meningkat menjadi persaudaraan. “Niat yang baik tak boleh terhalang karena itu panitia meminta maaf karena lokasi yang direncanakan adalah di Argo Soka, Ciloto. Pasca longsor wilayah tersebut dilarang dilalui kendaraan,” kata Dody kepada deteksionline.com.

Acara reuni sendiri berjalan lancar. Selain lepas kangen, panitia pun mengagendakan acara hiburan dengan organ tunggal. Semua peserta bergembira sambil mengenang masa-masa sekolah dahulu, dan acara baru berakhir sekitar pukul 23.00 WIB.

reuni-2

Saat itulah rasa haru tumpah ruah. Airmata menetes dan saling berpelukan satu sama lainnya membentuk satu keluarga yang utuh.

“Mari kita jaga tali persahabatan dan silaturrahmi ini jangan sampai putus di tengah jalan. Jangan pikirkan status social kita yang beragam ini. Kita adalah satu kesatuan dalam Kagumi 85,” imbun Tono. “ Semoga kita masih diberi panjang umur dan bisa berkelajutan dalam pertemuan berikutnya,” tambah Tono lagi.

Disadario bersama,bahwa reuni ini bukan hanya bernostalgia dengan teman lama ternyata ada banyak manfaat yang bisa diambil. Misalnya, dipercaya dapat memperpanjang umur.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kumpul-kumpul bersama sahabat yang akan menimbulkan rasa kegembiraan dapat membuat umur kita lebih panjang.

Dalam penelitian itu membuktikan bahwa seseorang yang banyak dikelilingi oleh teman dan saudara kemungkinan meningggal lebih cepatnya berkurang 50 persen. Orang-orang yang memiliki kehidupan sosial seperti ini rata-rata hidupnya bertambah hingga 3,7 tahun.

Penelitian di Brigham Young University dan University of North Carolina (UCLA), Amerika Serikat juga mengungkapkan bahwa teman dan keluarga yang selalu mendukung dapat membuat seseorang lebih terasa mudah dalam menghadapi masalah sehingga kebahagiaan selalu tercipta dan membantu seseorang mengurangi beban masalahnya.

reuni-3

Manfaat reuni lainnya, dapat menghilangkan stres dan depresi berat. Mengapa demikian? Karena, menurut seorang professor medis Teresa Ellen, manfaat reuni alumni ini biasa menjadi tempat mencurahkan berbagai masalah sehingga mampu membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Beban dan masalah yang awalnya ia tanggung sendiri hingga membuat ia stres dan depresipun akhirnya berkurang bahkan hilang dan berubah menjadi sebuah keceriaan.

Dukungan dan hubungan sosial seseorang mampu membuat tekanan darah, gula darah, metabolisme, dan stress hormonnya lebih stabil.

“Kita ambil manfaatnya dan tingalkan mudhoratnya,” ungkap Dody. (sri utoyo)

 310 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed