Meriahnya Lomba Belan di FPMK 2017, Ratschap Tubav Yamlim Jadi Jawara

  • Share

IMG-20171024-WA0000

TUAL, DETEKSIONLINE.COM – Pelaksanaan kegitan Festival Pesona Meti Kei (FPMK II) tahun 2017 oleh Pemerintah kabupaten Maluku Tenggara (Malra)  dan Pemerintah kota Tual.

Keistimewaan dari kegiatan FPMK II tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Pemerintah kabupaten Malra dan kota Tual dapat dimeriahkan dengan adanya perlombaan Belan antar RATSCHAP yang melibatkan gabungan beberapa Ohoi atau desa di dua daerah ini.

Terpantau di lokasi antusiasme masyarakat yang turut serta berpartisipasi dalam menyaksikan perlombaan antar RATSCHAP gabungan dari beberapa Ohoi atau desa, sabtu (21/10).

Selain itu, peserta lomba Belan yang masuk pada babak penyisian yakni melibatkan 13 Ratschap dan terbagi dalam 3 poll, sehingga dapat menghasilkan 6 Ratschap yang lolos masuk babak final di antaranya pool A ; Loor Labay Tam, Maur Ohoiwut. Pada poll B ; Ubohoifak, Tubab Yam Lim serta pada Poll C ; Kirkes dan Dit Sakmas.

Peserta memulai perlombaan Belan sebagai awal titik start di mulai dari desa ngadi, kota tual kec dullah utara dan finish di jembatan watdek kabupaten maluku tenggara.

Untuk itu, peserta lomba belan antar Ratschap yang merupakan salah satu gabungan dari ohoi atau desa, dan Perlombaan antar Ratschap ini yang merai juara satu yaitu Ratschap Tubav Yam Lim dengan menampilkan performa yang sanggat luar biasa.

Kemenangan ini menjadi bagian dari sejarah perhelatan lomba belan antar Ratschap yang di laksanakan oleh Pemerintah kabupaten maluku tenggara dan Pemerintah kota tual.

Perlombaan belan ini sendiri merupakan salah satu simbol armada perang dalam sistem adat masyarakat di kepulawan kei, hal ini yang membuat masyarakat maluku tenggara sanggat antusias dalam menyasikan perlombaan pulan tersebut.

Oleh karena itu, Masyarakat sanggat berharap agar perlombaan belan ini dapat dijadikan sebagai salah satu Event tahunan oleh pemerintah kabupaten malra dan kota tual. dan kemeriahan dalam perlombaan sebagai pesta rakyat dan kesakralan adat terhadap eksistensi belan di tengah-tengah masyarakat Kei. (FP#Jecko)

 2,121 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *