Lalai Soal Lift 3 Perusahaan Ini Digugat

  • Share

 

 

JAKARTA – Advokat dan Konsultan Hukum Primen Associates melayangkan gugatan perdata terhadap PT Aruna Kirana, PT Colliers International Indonesia, dan PT Berca Schindler Lift
ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pasalnya, diduga kuat melanggar pasal 1365 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan UU No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan UU No. 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.
Berawal dari tanggal 14 Februari 2017 penggugat dalam hal ini adalah Direktur dan pemegang saham PT Total Logistik dan pemegang saham PT Total Petrindo Perkasa, Janitra, terjebak selama 60 menit di dalam lift VIP yang terdapat dalam Gedung Generali Tower Gran Rubina Bisnis Park milik PT Aruna Kirana.

Akibat dari peristiwa tersebut penggugat mengalami trauma secara psikologis dan berkepanjangan dan mengalami kerugian secara materil dan imateril.
“Penggugat merasa dirugikan dimana penggugat adalah penghuni yang sudah sekian tahun menempati dan beraktivitas setiap hari di Gedung Rubina Bisnis Park,” ketua tim kuasa hukum penggugat, Serfasius Serbaya Manek, Rabu (30/8/2017).
Menurt Serfas, kelalaian para tergugat adalah tidak melakukan pemeliharaan perawatan gedung terutama lift dengan fasilitas lainnya yang ada pada gedung Grand Rubina Bisnis Park, sehingga membahayakan keselamatan jiwa orang.

“Ini adalah suatu perbuatan melawan hukum yang dapat dimintai pertanggungjawaban sebagaimana dimaksud dalam pasal 1365 KUHP Perdata,” tandasnya.

Pengacara senior ini menambahkan,
kejadian tersebut dari hal tersebut penggugat mengalami kerugian imateril lantaran membuat guncangan kejiwaan. Meski tidak dapat dinilai dengan uang, tetapi bila dirupiahkan mencapai Rp 10 miliar.
“Melalui gugatan ini, publik disadarkan agar turut mengawasi perilaku pengelolah gedung yang hanya berorientasi bisnis tapi tidak memperhatikan kenyamanan dan keselamatan konsumen,” tandasnya.

 831 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *