Penantian Panjang Pasangan Joni – Isa Berakhir di Pelaminan

  • Share
IMG-20170707-WA0001
Pasangan bahagia Joni-Isa sedang melangsungkan prosesi pernikahan di hadapan penghulu. (Foto : Dimas)

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM – Kisah panjang pasangan sejoli Joni (55) dan Isa (30) akhirnya menuju pelaminan. Kisah keduanya, sempat viral di media sosial lantaran Aisyah atau kerap disapa Isa sempat melahirkan seorang putri ketiganya di sebuah gang sempit di Jalan Gedong Panjang, kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat.

 

Di ruang aula kelurahan Pekojan, Joni mengucapkan Ijab Qabul untuk Isa di depan penghulu dan para tamu undangan. Isa tampak anggun dengan balutan kebaya putih, sedangkan Joni nampak gagah dengan setelah jas hitam dan sepatu berwarna putih. Ruang aula pun dihias sejumlah bunga, yang membuat suasana terasa semakin syahdu.

 

“Saya senang, akhirnya momen ini tiba juga,” ungkap Isa, saat ditemui di ruang Aula Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (7/7/2017).

 

Pernikahan di Tanggal Cantik

 

Sebagai Lurah Pekojan, Tri Prasetyo tentunya merasa iba terhadap kisah keduanya. Hidup serba kekurangan, menjadikan pasangan itu tak kunjung melangsungkan permenikahan hingga sang istri melahirkan.

 

“Mereka belum menikah hingga melahirkan anak ke-tiganya,” kata Tri kepada Deteksionline.com.

 

Tanpa bertujuan angkuh, dia mngungkapkan, seluruh pernikahannya ditanggung dirinya. Tujuannya, memastikan hubungan pasangannya sah dan halal.

 

“Seluruh biaya pernikahan dan tempat tinggal pasca pernikahan kami tanggung. Kecuali mas kawin yang diberikan Joni untuk Isa,” paparnya.

 

Dipilihnya waktu pernikahannya hari ini, dia beralasan hari ini merupakan tanggal cantik. Yakni tanggal 7 bulan tujuh tahun 2017.

 

“Biar mudah diingat, tanggalnya kami pilih hari ini,” jelasnya.

 

Sementara itu Joni mengaku, hanya mampu memberikan mas kawin sebesar satu gram emas. Modalnya, dikumpulkan dari penghasilannya yang bekerja serabutan setiap harinya.

 

“Saya udah kumpulin uang perharinya sedikit demi-sedikit untuk buat beli cincin emas segram,” imbuhnya.

 

Pasangan Joni-Isa Dihadiahi Rumah Tinggal

 

Tak hanya membiayai pernikahan, Tri juga memberikan sebuah tempat tinggal pasca pernikahan pasangan sejoli itu di Jalan Pejagalan Raya, Kelurahan Pekojan, Tambora, Jakarta Barat. Rumah tersebut, memiliki ukuran luas 4×5 meter dan dilengkapi kamar mandi berukuran 1×2 meter.

 

“Rumah itu masih ada yang harus diperbaiki di bagian belakang. Jadi mereka belum bisa menghuninya saat ini ,” lanjutnya.

 

Rencananya, Mantan Lurah Kemanggisan itu, juga akan memberikan kunci dan sertifikat rumah tersebut kepada Joni pada malam Hut Kemerdekaan Indonesia, pada Rabu (16/7/2017). Rumah yang juga bertempat di kawasan bank sampah juga akan memperkerjakan dirinya sebagai pengurus.

 

“Anggaplah itu rumah dinas Joni selama ia bekerja di sana,” tambahnya.

 

Joni – Isa Tinggal Sementara di Rumah Aman Kemensos

 

Pasangan Joni – Isa merupakan salah satu warga yang beruntung mendapatkan perhatian pemerintah. Tak hanya dari Lurah Pekojan, pasangan ini pun menjadi perhatian Kementerian Sosial Republik Indonesia.

 

Direktu Anak Kementrian Sosial, Nahar mengaku prihatin dengan pasangan Joni – Isa yang harus tinggal di sebuah gang sempit. Untuk itu, pihaknya memberikan keluwesan Joni – Isa dan ketiga anaknya untuk menempati sebuah rumah singgah milik Kemensos di kawasan Bambu Apus, Jakarta Timur.

 

“Sementara rumah yang diberikan lurah belum rampung, maka mereka kami tempatkan di rumah aman Kemensos. Usai rampung, maka mereka boleh pindah ke rumah miliknya,” tukasnya.

 

Sedangkan Joni tak kuasa mengucapkan rasa syukurnya atas perhatian pemerintah kepada dirinya. Joni pun bertekad akan terus memperjuangkan kehidupan layak bagi keluarganya kelak.

 

“Insyaallah saya akan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan nafkah layak bagi keluarga. Apalagi, sekarang saya dipekerjakan sebagai pengurus bank sampah. Kalau ada modal lebih, istri juga akan berjualan untuk menambah penghasilan,” tutupnya. (Dimas)

 469 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *