Wilayah Perbatasan Dengan Filipina Siaga Satu, Mendagri : Galakan Siskamling!

  • Share
mendagri_1
Mendagri Tjahjo Kumolo. (Ist)

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM – Wilayah-wilayah yang berbatasan langsung dengan Filipina kini ditetapkan siaga satu.  Untuk di Sulawesi Utara ada tiga kabupaten.
Tiga kabupaten yang kini berstatus siaga satu itu adalah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Ketiga wilayah itu berdekatan dengan Kota Marawi di Filipina bagian selatan, tempat pertempuran antara tentara Filipina dan kelompok teroris pendukung Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sedang berlangsung.

Menanggapi penetapan status siaga satu itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan hal itu wajar-waja saja dan bahkan perlu.

“Status siaga satu tidak ada masalah. Saya kira perbatasan di Kalbar, Kaltim, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara wajar siaga satu,” kata Tjahjo kepada Jakarta di Jakarta, Jumat (17/6/2017).

Tjahjo, seperti dikutip Antara, memandang penetapan status siaga satu perlu dilakukan agar tercipta kewaspadaan atas kemungkinan masuknya kelompok teroris Maute ke Tanah Air melalui Sulawesi Utara.

Tjahjo menghimbau kepada pemerintah Daerah untuk menggalakan program Siskamling.

“Status itu perlu, termasuk perlu juga gerakkan siskamling untuk mendeteksi setiap perkembangan yang ada di sana. TNI juga sudah siaga satu di sana,” kata Tjahjo.

Adapun penetapan status siaga satu itu sempat dipertanyakan oleh Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto. Wiranto khawatir status itu justru akan membingungkan masyarakat di sana.

 466 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *