Bambang Widodo Umar Berharap Kompolnas Bekerja Sesuai Undang-Undang

  • Share
Prof.DR.Bambang Widodo Umar,SH.MH
Prof.DR.Bambang Widodo Umar,SH.MH. (Ist)

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM – Guru besar Kriminologi Universitas Indonesia Prof. Bambang Widodo Umar, selama ini menilai bahwa banyak pernyataan lembaga Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) yang dilontarkan tak sesuai Undang-Undang yang mengikatnya. Apabila dibiarkan maka dapat menimbulkan masalah.

(Purn) Jenderal Polisi tersebut hanya ingin mengingatkan kepada lembaga yang berkedudukan dibawah dan bertanggungjawab pada Presiden RI untuk tetap bekerja sesuai Tupoksinya.

“Saya cermati lembaga ini (Kompolnas) sebagai apa? “Pengawas Kepolisian” atau “corong Kepolisian”?. Siapa tahu suatu ketika ada masalah dengan lembaga tersebut tersebut saya ingin mengingatkan agar bekerja sesuai dengan perundang-undangan,” kata Prof Bambang Widodo Umar kepada Deteksionline.com di Jakarta, Jum’at (16/6/2017).

Hingga berita ini diturunkan, Bambang widodo Umar enggan menyebutkan komentar Kompolnas yang dianggap melenceng dari Tupoksinya.

Untuk diketahui bahwa Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS) adalah sebuah lembaga yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawan pada Presiden RI, lembaga ini dibentuk berdasarkan Perpres no. 17 tahun 2011 byang dikeluarkan Presiden ke-6, H Susilo Bambang Yudhoyono.

Lembaga ini bertugas untuk membantu Presiden dalam menetapkan arah kebijakan Kepolisian Negara RI dan memberikan pertimbangan kepada presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.

Untuk pembiayaan, Kompolnas mendapatkan pembiayaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). (Ulis)

 341 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *