Dikriminalisasi, Habib Rizieq Syihab Minta Perlindungan HAM Internasional

  • Share
imam-besar-front-pembela-islam-fpi-habib-rizieq-shihab-_170123172818-506
Pentolan FPI Muhammad Rizieq Syihab. (Ist)

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM – Tak terima dikriminalisasi oleh pihak Kepolisian, pentolan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Syihab mengadu ke mahkamah HAM Internasional.

 

Berdasarkan keyakinan itulah, Rizieq kekinian saat ini tengah mencari bala bantuan dari seluruh pihak yang fokus membela orang-orang teraniaya hak asasinya.

 

Kapitra Ampera selaku kuasa hukum Rizieq, mengatakan bahwa kliennya telah bertemu dengan  perwakilan Komisi HAM Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

“Habib Rizieq memang berencana membawa kasus ini ke level internasional. Dia sudah bertemu dengan komisioner dari Human Rights PBB. Katanya, kasus ini akan ditindaklanjuti setelah bulan Ramadhan,” ujar Kapitra kepada wartawan di AQL, Tebet Utara, Jaksel, Selasa (16/5/2017) kemarin.

 

Kapitra mengklaim, pengaduan Rizieq kekinian mendapat sambutan positif dari PBB. Bahkan, Rizieq disebutnya diundang ke Jenewa untuk menjelaskan detil upaya kriminalisasi terhadapnya.

 

“Ini jadi perhatian internasional, Sabtu malam kemarin ketemu dan habib malah diundang ke Geneva, Swiss, untuk mempresentasikan ini,” kata Kapitra.

 

Tak hanya itu, kata Kapitra, Rizieq juga disarankan untuk membawa kasusnya ke Mahkamah Internasional di Den Haag, Belanda.

 

“Dan ada pula pengacara internasional menawarkan diri untuk mengawal ke Mahkamah Internasional, International Court di Den Haag, Belanda,” tutur Kapitra.

 

Kapitra menuturkan, tim pengacara telah diinstruksikan untuk menemui Rizieq di Arab Saudi untuk membicarakan langkah selanjutnya.

 

“Akan ditindaklanjuti setelah Bulan Ramadhan dan kami tim advokasi diperintahkan segera untuk berkomunikasi soal hukum ke Mekkah bertemu beliau. Ini perintahnya,” katanya.

 

Tim pengacara Rizieq kekinian tengah menyusun strategi untuk menempuh langkah-langkah berikutnya.

 

“Kami lagi susun strategi. Kami akan rapat akan teruskan langkah-langkah Habib Rizieq. Maka dia (Rizieq) akan berikan arahan-arahan kita nggak boleh bertindak,” kata dia.

 

Untuk diketahui bahwa Rizieq sudah tiga kali mangkir dari panggilan penyidik Polda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai saksi. Oleh sebab itu kini polisi telah menerbitkan surat perintah untuk membawa Rizieq ke kantor polisi.

 

Meskipun Rizieq menolak untuk memenuhi panggilan, penyidik Polda Metro Jaya tetap melanjutkan penyidikan kasus tersebut.

 

Polisi Tetapkan Firza Husein Jadi Tersangka Makar

 

Pada hari yang sama, polisi memeriksa Firza Husein. Firza sebelumnya telah ditetapkan menjadi tersangka atas kasus dugaan pemufakatan makar.

 

Polisi memeriksa kasus itu setelah menerima Laporan Polisi Nomor : LP/510/I/2017/PMJ/Dit Reskrimsus tentang dugaan penyebaran percakapan berkonten pornografi yang mengatasnamakan Rizieq Shihab dan Firza Husein pada 29 Januari 2017 lalu.  (DOL) 

 602 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *