Ngeri! Virus Ransomware WannCrypt Serang Sistem IT Di Berbagai Belahan Dunia

  • Share
IMG-20170515-WA0048
Penampakan pada layar komputer yang terserang virus Ransomware Wanncrypt. (Ist) 
JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM – Penyebaran virus Ransomware WannCrypt atau WannCry sedang gencar merebak di berbagai belahan dunia. Virus yang menyerang sistem IT ini dikhawatirkan dapat merusak sistem data jaringan IT pada instansi pemerintahan di DKI Jakarta.
Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Jakarta Utara, Christian Anthony memastikan, hingga saat ini sistem jaringan IT di lingkungan instansi pemerintahan Jakarta Utara aman dari virus tersebut. Dia menyebut, virus tak akan menyerang sistem IT lantaran telah mengantisipasi sejak pagi tadi.
“Kita pastikan sistem IT aman dari virus,” kata Anthony saat dihubungi, Senin (15/5/2017).
 Dia mengatakan, sejumlah antisipasi telah dilakukan sebelum seluruh komputer dinyalakan. Bahkan, sempat dilakukan ‘trial’ satu-persatu sebelum koneksi internet disambungkan ke tiap komputer.
“Tadi pagi sebelum dinyalakan, kita meminta seluruh instansi memback-up data. Lantas satu persatu menyalakan komputer yang tak terkoneksi internet. Koneksi internet baru dipasang, setelah komputer menyala,” paparnya.
Lebih jauh, dia menerangkan jaringan sistem IT di instansi pemerintahan Jakarta Utara tak terserang virus lantaran memiliki dua jaringan sistem IT, yaitu intranet dan internet. Keduanya telah dibekali antivirus sejak sebelum merebaknya virus Ransomware.
 “Kita menggunakan dua jaringan sistem IT Milik PT Telkom. Jaringan pun langsung terkoneksi pada Dinas Kominfo DKI Jakarta,” tutupnya. (Dimas) 

 486 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *