by

Tips Berkendara Aman Dari Dirlantas PMJ Agar Terhindar Dari Ranjau Paku

jalanan-jakarta-dikepung-ranjau-paku_m_106374
Anggota Ditlantas sedang melakukan pembersihan jalan agar terbebas dari ranjau paku. (Ist)
JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM- Kasus ranjau paku memang bukanlah merupakan hal yang aneh lagi bahkan hampir setiap hari kita menemui para korban kejahatan ranjau paku tersebut terutama di daerah ibu kota Jakarta.
Hal semacam ini tentu saja akan sangat merugikan bagi para pengendara, bukan hanya rugi materi namun juga waktu yang tersita akibat ban kendaraannya yang kempes tiba-tiba saat sedang di perjalanan.
Oleh karena itu, kehati-hatian sangatlah dibutuhkan bagi para pengendara agar jangan sampai ikut menjadi korban ranjau paku tersebut.
Dalam kesempatan kali ini Direktur lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Drs Ermayudi Sumarsono akan membagikan sedikit informasi tips berkendara agar Terhindar Dari Ranjau paku.

“Dalam kesempatan ini saya ingin memberikan sedikit tips, khususnya bagi pengendara sepeda motor di ibu kota, ” ujar Drs Kombes Ermayudi Sumarsono.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat berkendara agar dapat terhindar dari kejahatan ranjau paku antara lain :

  1. Kurangi kecepatan bila melewati daerah rawan jebakan ini. Kurang lebih laju motor hanya 30 km/h.
  2. Segera cabut paku jika suatu ketika sudah terlanjur terkena jebakan.
  3. Selalu awasi dengan seksama ketika ban sedang dibongkar oleh penambal ban. Karena terkadang, mereka yang tidak bertanggung jawab kerap merobek ban dengan sengaja.
  4. Usahakan selalu membawa ban cadangan untuk berjaga-jaga di jalan.
  5. Selalu kontrol daya angin ban motor anda, jangan sampai kempis.

 

Kombes Pol Drs Ermayudi juga membeberkan modus baru para pelaku ranjau paku, yaitu menggunakan besi pada cabang payung yang dipotong kecil-kecil dan telah diasah.

IMG20170512091919
Besi payung yang saat ini dipakai oleh pelaku ranjau paku. (Yori)

“Selain paku, pelaku ranjau paku saat ini punya modus baru. Mereka membuatnya dari besi payung, jika sudah mengenai ban yang kurang angin maka dengan spontan ban motor anda akan langsung kehabisan angin. Oleh karena jangan ngebut dalam memacu kendaraan anda,” ungkapnya.

 

Ermayudi tak lupa mengingatkan bagi para pengendara khususnya sepeda motor untuk selalu hati-hati dan disiplin di jalan raya serta jangan lupa untuk selalu membawa kelengkapan diri dan surat kendaraan.

 

“Selalu berhati-hati saat berkendara, tetap disiplin dan jangan lupa membawa kelengkapan diri dan administrasi kendaraan bermotor anda,” jelasnya. (Yori/Lis)

 156 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed