Calon TKI Gelap Berusaha Sogok Petugas Imigrasi di Bandara Soekarno-Hatta

  • Share
IMG-20170429-WA0018
Barang bukti berupa paspor, tiket pesawat dan sejumlah uang yang diamankan oleh petugas Imigrasi Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang Banten. (Humas Ditjen Imigrasi)
JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM- Agar dapat berangkat ke luar negeri untuk menjadi  Tenaga Kerja Indonesia nonprosedural seorang wanita berusaha menyuap petugas loket dengan cara memasukan ke dalam paspor sejumlah uang saat dilakukan pemeriksaan imigrasi di konter imigrasi Bandara Soetta.
Menurut Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno menjelaskan bahwa, setelah dilakukan investigasi oleh petugas Imigrasi diketahui bahwa hal tersebut (suap) dilakukan sesuai dengan arahan pengurusnya dengan harapan petugas konter dapat membantunya.
“Kami dapati bahwa perilaku suap ini dilakukan atas masukan dari pengurus yayasan tempat mereka dibina, mereka berharap petugas dapat diperdaya tetapi tidak bisakan!,” ujar Agung.
Wanita CTKI nonprosedural tersebut berencana akan bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Dubai, menggunakan pesawan Emirat Arab EK 369, keberangkatan pukul  6.35 wib,
Selain upaya menyuap petugas imigrasi, upaya lainnya yang pernah dilakukan oleh pelaku Tindak Pidana Penjualan Orang (TPPO)  adalah mulai dari mengelabui petugas hingga mempersiapkan pesawat pribadi untuk memberangkatkan CTKI nonprosedural dari halim perdana kusuma Jakarta.
“Jadi aksi mereka ini sangat terorganisir,” ucap Agung.
Agung menegaskan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin menjalankan komitmen pemerintah, dalam memerangi tindak kejahatan TPPO.
“Komitmen kami (Kemenkumham) memberikan keamanan dan perlindungan kepada WNI yang akan bekerja di luar negeri, akan terus kami gelorakan dengan harapan menekan tindak pidana TPPO,” tegasnya.  (Yori)

 1,529 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *