ITW: Sukses Seorang Dirlantas Bukan Ditentukan Dari Banyaknya Penindakan

  • Share
IMG-20170106-WA0004
Petugas Subdit Gakkum ditlantas Polda Metro Jaya saat melakukan penindakan atau penilangan terhadap pelanggar. (Ist)
JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM- Dengan penuh rasa bangga Ditlantas Polda Metro Jaya mempublikasikan jumlah penilangan petugas terhadap pelanggar lalin yang tiap bulannya mengalami kenaikan, menurut data dari Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya pimpinan AKBP Budiyanto untuk bulan Februari saja ada 69187 lembar tilang dan bulan Maret 82702 lembar, trennya naik sekitar 19,63 persen dengan jumlah tertinggi pelanggar adalah tamatan SMA kemudian diikuti Akademisi.
Dengan kenaikan jumlah pelanggar ini berarti ada indikasi bahwa Ditlantas belum serius membenahi pengendara sadar dan tertib lalu lintas.
Menurut ketua Presideum Indonesian Traffic Watch (ITW) Edison Siahaan menegaskan bahwa suksesnya seorang Dirlantas yang saat ini dijabat oleh Kombes Pol Ermayudi Sumarsono, bukan karena banyaknya melakukan penindakan atau penilangan, jika itu yang terjadi maka kita minta pimpinan polri meninjau ulang kompentensi Dirlantas tersebut.
“Dirlantas dikatakan sukses apabila kesadaran tertib berlalu lintas masyarakat sudah baik sehingga tidak lagi ada pelanggaran, meskipun tindakan atau tilang tidak menyalahi aturan tetapi itu bukan menjadi tujuan,” ujar Edison Siahaan dalam rilis tertulisnya kepada Wartawan di Jakarta, Minggu (16/4/2017).
Edison menyesalkan bila polantas hanya mampu dan bangga jika melakukan penilangan dengan jumlah yang banyak.
“Sejatinya itu adalah bukti nyata bahwa Ditlantas belum maksimal melaksanakan fungsi dan kewajibannya yaitu mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lalin,” tutur Edison. (DOL)

 317 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *