Permudah Pelayanan Nomor Cantik, Samsat Jakarta Timur Sediakan Loket NRKB

  • Share
IMG_20170403_132808
Kanit Samsat Jakarta Timur AKP Beddy Suwendi SIK saat melakukan pengecekan di Loket NRKB di lantai 2 gedung Samsat Jakarta Timur Jl.D.I. Panjaitan. (Yori)

JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM- Pada 6 Januari 2017 lalu pemerintah secara resmi telah memberlakukan peraturan terbaru penerimaan Negara sektor non pajak, bagi pelayanan Registrasi dan Identifikasi kendaraan bermotor yang diberlakukan di seluruh Kantor Samsat di Indonesia.

 

Pemberlakuan tarif tersebut tertuang dengan jelas dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor  60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Pemerintah Bukan Pajak (PNBP).

 

Khusus Pelayanan Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) atau yang lebih populer dengan Nomor cantik  pada kendaraan bermotor secara resmi saat ini telah dikenakan tarif sesuai dengan Peraturan tesebut.

 

Berikut ini daftar tarif penerbitan NRKB pilihan sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016:

1. NRKB pilihan 1 (satu) angka
– Tidak ada huruf belakang (blank) Rp 20 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 15 juta

2. NRKB pilihan 2 (dua) angka
– Tidak ada huruf di belakang Rp 15 juta
– Ada huruf di belakang Rp 10 juta

3. NRKB pilihan 3 (tiga) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 10 juta
– Ada huruf di belakang angka Ro 7,5 juta

4. NRKB pilihan 4 (empat) angka
– Tidak ada huruf di belakang angka Rp 7,5 juta
– Ada huruf di belakang angka Rp 5 juta

 

Dengan adanya PP nomor 60 tersebut Samsat Jakarta Timur telah menyediakan loket Khusus NRKB yang bermaanfaat untuk mempercepat proses ppengecekan dan pengesahan berkas kendaraan yang memiliki identitas nomor pilihan.

Sebelum membayar pajak lima tahun wajib pajak diarahkan untuk mendatangi loket ini untuk dilakukan pengecekan jika ingin terus menggunakan NRKB maka wajib pajak bisa langsung membayar biaya sesuai PNBP di loket Bank DKI dan saat itu juga plat Nopil dapat langsung dikeluarkan. Namun jika wajib pajak tidak ingin lagi menggunakan NRKB maka pihak Samsat akan mengeluarkan Nopol sesuai dengan nomor urus Registrasi kendaraan bermotor.

Menurut Kanit Samsat Jakarta Timur AKP Beddy Suwendi SIK menjelaskan bahwa jika wajib wajib pajak yang ingin memiliki NRKB maka secara mutlak ia berhak menggunakan Nopil tersebut sesuai dengan peruntukan. Bagi kendaraan roda dua yang menggunakan NRKB blank dibalik empat angka pada plat Nopol maka akan dikenakan biaya sesuai PNBP.

“Untuk mempermudah pelayanan kami sudah sediakan loket Khusus NRKB yang terletak di lantai dua, di sana ada dua petugas kami pak Suroso dan Pak Ary siap memberikan pelayanan prima kepada anda,” ujar AKP Beddy Suwendi kepada Wartawan di gedung Samsat Jakarta Timur Jl.D.I Panjaitan, Senin (3/4/2017).

Beddy menambahkan jika rata-rata tiap harinya ada sekitar 23 berkas yang masuk dan disahkan, dari data itu ada 7 berkas yang tetap menggunakan NRKB, sedangkan selebihnya 16 berkas mendaftarkan kendaraannya sesuai nomor urut yang dikeluarkan oleh pihak Samsat dan tidak lagi dikenakan biaya NRKB.

“Diantara 23 beraks yang masuk hanya 7 berkas yang tetap menggunakan NRKB, sedang selebihnya ada 16 berkas yang minta didaftarkan nopolnya sesuai dengan nomor urut. Kebanyakan sih kendaraan tipe lama yang tidak lagi menggunakan NRKB,” ucap AKP Beddy.

Dengan adanya loket khusus NRKB ini AKP Beddy berharap dapat memberikan pelayanan dengan lebih optimal kepada masyarakat yang memiliki Nomor pilihan, ia dengan tegas menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mempercayakan pengurusan berkas pada calo atau orang yang tidak dikenal.

“Ya kita berharap masyarakat merasa puas dengan pelayanan kami, jika ada yang kurang paham maka dapat meminta bantuan pada petugas. Dan jangan percaya dengan bujuk rayu calo atau orang yang tidak anda kenal karena kami komitmen memberangus keberadaan calo pada seluruh pelayanan di lingkungan Polri,” tutup Beddy. (Yori)  

 940 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *