Petugas Imigrasi Medan Cegah 13 TKI Ilegal Tujuan Timur Tengah

  • Share
IMG-20170317-WA0007
Petugas Imigrasi Medan sedang melakukan pendataan terhadap WNI yang ingin menjadi TKI dengan cara non prosedural. (Foto: Ditjen Imigrasi)
Medan,Deteksionline.com Petugas Imigrasi di Bandara Kualanamu, Medan berhasil mencegah keberangkatan 13 wanita WNI berinisial LM, PN, N, F, F, D, U, P, Y, S, K, F, R yang hendak mengadu nasib ke luar negeri pada kamis (16/3/2017) kemaren.
Setelah dimintai keterangan oleh petugas imigrasi, ternyata ke 13 perempun tersebut akan menjadi TKI non prosedural dengan tujuan ke Timur Tengah, melalui jalur Singapura- Oman- Doha penerbangan Silk Air MI 247.
“Kami amankan karena mereka berkeinginan menjadi TKI tak resmi dengan tujuan Timur Tengah, setelah diinterogasi mereka tak memiliki penjamin bahkan uang sepeserpun mereka tidak punya,” terang Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno kepada wartawan di Jakarta, Jum’at (17/3/2017).
Lebih jelas Agung mengungkapkan pelanggaran ke 13 WNI tersebut diantaranya mereka tidak memiliki rekomendasi dari BNP2TKI , tidak mengetahui negara tujuan, dan tidak mengetahui jenis visa apa yang mereka miliki meski tertera di dalam paspor.
“Jelas banyak sekali pelanggaran mereka, dan ini sangat membahayakan mereka jika tidak dilakukan upaya pencegahan,” jelas Agung.
Agung menambahkan untuk saat ini 13 WNI tersebutditampung sementara di Kantor Imigrasi Medan karenan tidak memiliki uang  untuk biaya hidup ataupun  kembali ke daerah asalnya.
“Untuk sementara masih kami tampung karena mereka tidak memiliki uang untuk makan ataupun kembali ke daerah asalnya, apalagi ada WNI yang berasal dari wilayah bagian Timur Indonesia,” terangnya. (YORI)

 

 623 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *