Close
images
Ayi Hambali

JAKARTA, DETEKSIONLINE.COM: Komite IV DPD RI yag membidangi APBN, dan bermitra kerja dengan OJK serta BPK baru-baru ini mengadakan fit and proper test di ruang rapat komite IV DPD RI.

Dalam fit and propeR test di hadapan para ketua komite dan anggota komite IV, para calon-calon kandidat membeberkan visi dan visi untuk ke depan setelah nanti terpilih.

Wakil Ketua Komite IV DPD RI H.Ir.Ayi Hambali, yang juga senator dapil Jawa Barat menegaskan, hasil pemeriksaan keuangan negara bisa mengubah pradigma yang ada di pemerintah.

Sebenarnya, katanya,  persepsi orang-orang yang berangapan bahwa peredikat Wajar Tanpa  pengecualian (WTP) merupakan garansi bahwa para pejabatnya bebas dari korupsi adalah salahm

“Jika kita mencoba memahami cara kerja BPK, tentu tidak semua kasus korupsi akan terungkap BPK. BPK mempunyai tiga jenis pemeriksaan yang berbeda yaitu pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu.Hasil opini WTP merupakan hasil dari pemerikaaan keuangan dengan hanya melihat kewajaran informasi keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peratuaran perundang-undangan dan efektivitas sistem pengedalian intern,”ujar senator Ayi.

Dan dari hasil seleksi pemilihan calon anggota BPK ini di plenokan dan nanti diserahkan ke DPR RI Komisi XI yang memutuskannya.

“Kalau di DPD RI hanya menseleksi dan memberikan penilaian tentunya saya melihat kinerja BPK yang ada saat ini sudah sangat bagus,dan dari tahun ke tahun di daerah baik provinsi, kabupaten meningkat,” ujarnya.

Soal penilaian tidak bisa menyebut benar atau salah, BPK hanya bisa pencatatan  pemeriksan yaitu WTP kalau tidak WDP atau disclemer.

BPK bekerja sama dengan BPKP dan yang bisa memberikan konsultasi yaitu dari BPKP.

Seharusnya  yang diharapkan BPK itu masukan pemerinth daerah, pusat untuk kemajuan daerah untuk kesejahterahan rakyat. Realita yang ada selama ini kesenjangan pendaptan, kemiskinan, pengguran masih jauh yang di harapkan. (budi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!