Kasie SIM : Hampir semua Calo Yang Kami Tertibkan Tak Pernah Kembali

  • Share
IMG-20160803-WA012
Kepala Seksi (Kasie)SIM Polda Metro Jaya Kompol Doni Hermawan SIK.

Jakarta,deteksionline.com – Sejak rutin digelarnya operasi calo (Zero Calo) di lingkungan Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Daan Mogot, Jakarta Barat, kini tak ada seorangpun oknum calo yang terlihat mondar-mandir menawarkan jasa kepada pemohon SIM.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Seksi Surat Ijin Mengemudi (SIM) Kompol Doni Hermawan SIK ditengah kesibukannya mengikuti seleksi Sespim Polri, ia menegaskan bahwa pihaknya hingga saat tetap komitmen menyapu bersih pelayanan Polri dari segala bentuk praktek percaloan yang dapat merusak citra Kepolisian.

“Sampai detik inipun kami tetap rutin mengawasi gerak-gerik oknum calo, dan alhamdullilah semua yang pernah kami amankan sampai sekarang tak pernah kembali beroperasi,” Ujar Kompol Doni Hermawan SIK kepada deteksionline.com di Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Doni mengatakan jika operasi Zero calo ini dapat berhasil berkat peran serta semua anggota yang saling bahu membahu bekerja tanpa pamrih.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja para anggota yang tak henti-hentinya bekerja tanpa pamrih, bahkan bulan lalu ada beberapa petugas kami yang menyamar jadi tukang sapu dan penjual makanan  demi mengamankan lingkungan Satpas Daan Mogot ini dari oknum calo, saya sangat mengapresiasi hal ini,” terangnya.

Tak lupa Doni menghimbau kepada masyarakat pemohon SIM untuk tetap mengikuti jalur yang telah ditetapkan jangan percaya pada bujuk rayu oknum calo yang bisa menjanjikan SIM instan padahal itu sangat tidak membantu.

IMG_20160503_133341
Beberapa oknum calo yang pernah diamankan oleh Tim khusus Satpas SIM Ditlantas Poda Metro Jaya. (foto; Yori)

“Masyarakat jangan pernah urus SIM lewat calo karena hal itu sangat tidak membantu anda, jika kesulitan dalam mengikuti ujian teori maka cobalah untuk belajar sebab kami telah mengeluarkan sebuah situs link yang berisi soal-soal dan latihan-nya,” pinta Doni.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

“Jadi tidak sembarangan kami memberikan SIM, ada tahapan-tahapan yang harus ditempuh. Oleh karena itu proteksi diri anda dengan SIM serta milikilah keterampilan yang baik dalam mengemudikan kendaraan,” tutup Doni. (Yori)

 

 539 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *