KPU : Warga Jakarta Yang Tak Masuk DPT Tak Usah Gusar, Anda Bisa Memilih Asalkan…

  • Share
20161001-ketua-kpu-dki-sumarno_20161001_135922
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno. (foto: Ist)

JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno menjelaskan bahwa bagi warga Jakarta yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih bisa menggunakan hak suaranya dalam Pilkada DKI Jakarta yang digelar pada Rabu (15/2/2017) kelak.

Sumarno mengatakan dengan lugas agar tetap bisa memilih, asalkan warga tersebut diwajibkan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) serta menyertakan Kartu Keluarga (KK) yang aslinya.

“Bagi pemilih warga Jakarta yang belum terdaftar DPT, yang bersangkutan tidak ada akan kehilangan hak pilihnya. Tetapi kalau ingin menggunakan hak pilihnya bisa menunjukan e-KTP atau surat keterangan Dukcapil bahwa yang bersangkutan sudah merekam e-KTP-nya. Dapat mulai memilih pukul 12.00-13.00 WIB (1 jam) dengan nembawa e-KTP atau surat keterangan dari Dukcapil ditunjukan dan membawa kartu keluarga yang asli, sehingga kartu keluarga menjadi syarat penting disamping e-KTP atau surat keterangan dari Dukcapil,” ujar ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di Markas Kodam Jaya, Jalan Mayjend Sutoyo, Jakarta Timur, Senin (13/2/2017).

Sumarno menambahkan untuk masyarakat yang sudah mendapatkan formulir C6 (Pemilih tetap) maka harus membawa surat tersebut ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Kepada para pemiih yang sudah mendapatkan surat pemberitahuan untuk memilih yakni surat C6, itu ketika datang ke TPS harus dibawa,” ucapnya.

Sumarno juga menghimbau bagi mereka yang belum mendapatkan C6 tetapi sudah terdaftar sebagai pemilih dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) tetap bisa menggunakan hak suaranya.

“Kalau terdaftar dalam DPT itu tidak dibawa tak masalah, karena C6 sekedar surat pemberitahuan bukan syarat untuk memilih. Jadi meskipun tidak punya C6 yang bersangkutan tetap bisa datang ke TPS mulai pukul 07.00-13.00 WIB,” tutupnya. (Nora Simanjuntak)

 1,185 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *