Close

 

IMG-20170212-WA0074
salah satu paspor WNI yang berhasil diamankan Kanim Batam saat berusaha ingin jadi TKI ilegal di Malaysia. (foto : Ditjen Imigrasi)

JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM – Kantor Imigrasi (Kanim)  Batam berhasil melakukan pencegahan  terhadap  11 orang Warga Negara Indonesia (WNI)  yang ingin berangkat ke Malaysia dengan cara tidak yang prosedural (Ilegal).

 

Kesebelas WNI ini terdiri dari 5 orang wanita dan 6 orang pria, menurut rencana mereka  ingin berangkat menuju ke Malaysia melalui beberapa pelabuhan di kota Batam. Mereka yang berhasil terjaring antara lain SKE (34), MT (24), L (33), AT (32), M (39), M (43), JN (24), P (23), A (47), AR (32), R (31).

 

“Mereka  terjaring petugas Imigrasi di Batam dalam sebuah operasi rutin, terkait banyaknya informasi penyelundupan manusia ke Negara tetangga tanpa disertai dokumen lengkap bahkan palsu,” ujar Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Pusat Agung Sampurno dalam siaran persnya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (12/2/2017).

 

Agung menambahkan jika mereka berusaha menyeberang menuju Malaysia menggunaka kapal Ferry yang memang memiliki ijin berlayar ke Negara tetangga. Saat ini semua WNI tersebut sedang dan didata guna dimintai keterangannya, kemudian akan dilakukan upaya pemulangan ke daerah asal.

 

“Mereka sedang kami data dan secepatnya akan dilakukan upaya pemulangan,” jelas Agung.

 

Agung menambahkan jika upaya pencegahan adalah sebagai bentuk langkah perlindungan terhadap WNI yang ingin menjadi pekerja di Negara asing.

 

“Jika ingin menjadi TKI sebaiknya lengkapilah dokumennya terlebih dahulu, jangan menggunakan cara-cara instan yang belum tentu nyawa dan kesejahteraan kita terjamin,” tegas Agung. (Yori)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!