Close
jokowi-sby-salaman-antara
API : Suasana seperti inilah yang diperlukan bangsa saat ini. (Ist)

JAKARTA,DETEKSIONLINE.COM –Pernyataan mantan Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono dalam konferensi pers Rabu (1/2) lalu terkait keinginannya bertemu Presiden Jokowi Dodo masih menjadi pembicaraan publik sampai saat ini. Pasalnya Ketua Umum Partai Demokrat itu menuding ada orang yang berusaha menghalanginya untuk bertemu Presiden Jokowi.

Pengamat Politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe berpandangan, Presiden Jokowi Dodo perlu merespon keinginan SBY untuk bertemu.

Keinginan SBY bertemu untuk menyampaikan unek-uneknya menjadi hal positif bagi Presiden Jokowi sehingga tidak terkesan Presiden Jokowi memperlebar jarak dengan mantan Presiden dua periode itu.

“Presiden Jokowi alangkah baiknya perlu merespon keinginan pak SBY untuk bertemu. Respon ini juga menunjukan Presiden Jokowi tidak terkesan menjaga jarak dengan SBY,” ujar Maksimus Ramses Lalongkoe kepada wartawan di Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Selama ini kata Ramses, interpretasi politik publik menggambarkan Presiden Jokowi menjaga jarak dengan SBY. Kondisi ini nampak SBY sebagai mantan Presiden bisa saja merasa diasingkan dari konsolidasi politik Presiden Jokowi.

Untuk meredam kerenggangan ini perlu dilakukan pertemuan seperti yang dikehendaki SBY. Pertemuan ini juga bisa saja meredam situasi yang akhir-akhir ini terasa memanas.

“Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara sikap negarawan menjadi penting,” ucap Ramses.

Ramses menambahkan, alangkah indahnya para tokoh bangsa harus bisa menanggalkan keegoan masing-masing demi kedamaian bersama.

“Menanggalkan kepentingan politik kelompok demi kepentingan umum menjadi keharusan saat ini dan sikap ini harus menjadi bagian dalam diri Presiden Jokowi dan SBY,” paparnya.

Seperti diberitakan sebelumnya mantan Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono dalam konferensi persnya menyatakan keinginannya untuk bertemu Presiden Jokowi. Saat itu juga SBY menuding ada orang-orang yang berusaha menghalanginya untuk bertemu Presiden Jokowi. (Yori)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!