Close
IMG-20170123-WA0002
Peneliti Lembaga Analisis Politik Indonesia Bernadus Barat Daya.(foto: Ist)

 

Jakarta,deteksionline.com Menurut Peneliti Lembaga Analisis Politik Indonesia, Bernadus Barat Daya mengatakan bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi masalah besar yaitu di mana terjadinya krisis negarawan. Krisis negarawan ini dapat dilihat dari sikap-sikap para tokoh nasional yang tidak menunjukan sikap sebagai seorang negarawan sebagaimana sikap para pendahulu seperti Soekarno, Bung Hatta, Bung Tomo dan tokoh bangsa lainnya.

Kelangkaan atau krisis negarawanan ini kata Bernadus, akibat banyaknya tokoh nasional yang sudah terkooptasi oleh kepentingan politik sempit yang lebih mementingkan kelompok atau golongan tertentu daripada kepentingan bangsa yang lebih besar.

“Kalau mau jujur sebanarnya bangsa Indonesia sudah kehilangan tokoh yang bersikap negarawan. Kebanyakan tokoh nasional saat ini sudah berada dalam ruang politik sempit yang lebih mementingkan kepentingan kelompok ketimbang kepentingan bangsa,” ujar Bernadus di Jakarta, Senin (23/1).

Lebih lanjut mahasiswa program doktoral ini menjelaskan, kegaduhan di tengah masyarakat saat ini sebetulnya juga akibat ulah para tokoh nasional yang tidak menunjukan diri mereka sebagai negarawan. Masyarakat merasa kehilangan arah karena para tokoh lebih suka membangun sikap psimistis ketimbangan membangun harapan-harapan akan masa depan bangsa.

Untuk itu Bernadus menegaskan bahwa dalam kondisi seperti ini dibutuhkan sosok-sosok negarawan yang mampu memberikan kekuatan bagi masyarakat, mampu memberikan semangat, bahkan mampu menjadi penyatu.

“Tanpa sosok negarawan bangsa ini semakin terkoyak oleh kelompok-kelompok yang hendak memecah belah persatuan dan kesatuan,” tegasnya. (Yori)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!