Gawat! Warga Ilegal Asal Malaysia Miliki KTP WNI

  • Share
IMG-20170118-WA0034
Petugas Kanim Surakarta sedang memeriksa Warga Malaysia yang miliki KTP RI. (Foto:Ditjen Imigrasi)
Jakarta,deteksionline.com Kantor Imigrasi (Kanim) kelas satu Surakarta berhasil menangkap Warga Negara Malaysia yang telah memiliki KTP WNI yang masuk secara ilegal melalui wilayah kepulauan Batam.
Seriyuni binti Jamian merupakan identitas yang tertera di KTP Malaysia, sedangkan di KTP WNI telah berganti nama menjadi Yunita Azura Putri (YAP).
“Yang bersangkutan merupakan WNA asal Malaysia yang dengan mudahnya memiliki KTP WNI, jadi ia ini memiliki dua kewarganegaraan secara ilegal,” ujar Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (18/1/2016).
Ternyata kasus serupa pernah terjadi di daerah Kendari, dimana WNA dengan mudahnya memiliki KTP WNI dengan cara mengganti nama. Roslyha binti Sahar nama yang tertera di KTP Malaysia, berubah menjadi Rossaleha nama yang terpampang di KTP RI.
“Kasus Warga Asing pernah juga di Kendari, jadi total ada dua kasus WNA punya KTP kita,” sesalnya.
Hingga kini pelaku YAP sedang dilakukan penahanan di rutan Ditjen Imigrasi guna pemeriksaan lebih lanjut.
“Saat ini pelaku masih kami lakukan penahanan. Pemeriksaan dan penyelidikan akan terus berjalan, terkait temuan dengan mudahnya warga Asing memiliki KTP kita, bisa gawat jika terus dibiarkan,” tegas Agung. (Yori).

 1,160 total views,  3 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *