Indonesi Meraih Juara Satu di Polandia Caravan Culture Festival International

  • Share

Jakarta, deteksionline.com – Sebagai warga Negara Indonesia masyarakat harus bangga dan dapat mepertahankan serta melestarikan budaya yang ada di Indonesia. Pasalnya, beberapa waktu lalu kombinasi tarian daerah meraih juara satu di Polandia Caravan Culture Festival International. Hal itu pun membuat harum nama indonesia di Mancanegara.

Salah satu penari yang juga merupakan Istri Dandim 0503/JB Ifit Qalita mengungkapkan, selain mengikuti lomba budaya dirinya juga mempromosikan Budaya yang ada di Indonesia. Sehingga, dengan begitu dapat menarik peminat orang asing untuk mempelajari budaya-budaya yang ada di Indonesia.
 
“Kita mulai di Turki, Berlin (Jerman) dan lomba di Polandia. Alhamdulillah kita menjadi juara pertama dan dengan begitu mereka tidak hanya mengenal budaya Bali saja melainkan budaya lainnya juga dapat dikenal,” ujarnya saat ditemui di kantor Kodim 0503/JB kamis (22/12).
 
Usai mengikuti lomba, kata Ifit dirinya bersama timnya melakukn tour ke sekolah-sekolah. Di sana diakui Ifit banyak siswa yang meminati tarian daerah Indonesia. Bahkan, saat pertunjukan tarian itu dimainkan, banyak anak-anak sekolah mencoba mengikuti gerakan tarian yang dibawakannya.
 
“Mereka sangat antusias sekali dengan budaya dan juga ingin mempelajari budaya kami dengan menanyakan makna tarian yang kami bawakan apa, pakaian kalimantan yang dikenakan maknanya apa‎, ini menjadi pengalaman baru untuk kami dan juga kami pelajari budaya mereka,” katanya.
 
Hal itu memacu andrenaline ketua Persit Chandra Kirana Cabang XVII untuk menarik istri para prajurit agar mau belajar menari khususnya tarian Betawi. Sehingga, apabila di Kodam Jaya ada acara, istri para prajurit ini dapat menampilkan tarian-tarian daerah.
 
“Nah saya pribadi ingin istri-istri prajurit TNI bisa nari. Karena kalau kita bisa kenapa harus orang lain yang tampil. Kalau untuk pelatihnya nanti bisa saya carikan kebetulan saya punya teman di sanggar tari yang ada di Taman Mini mendukung sekali,” tandasnya.
Ifit menambahkan, saat berada di Jerman dirinya diterima oleh mantan gubernur Dki jakarta yang saat ini menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) Indonesia yang ada di Berlin. Di sana, ia bersama tim banyak berbicara mengenai budaya indonesia dan juga mengenai kota Jakarta.
“Pak Foke sangat mendukung sekali. Bahkan, kalu di sana ada acara beliau akan mengundang kita,” tutupnya.

 329 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *