Close
dirjen-imigrasi-ronny-f-sompie_20150811_185229
Dirjen Imigrasi Ronnie Sompie. (Ist)
Jakarta,Deteksionline.com Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi langsung bereaksi karena  dituduh Kecolongan Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati, Antarjo Dikin pada Kamis (8/12/2016) lalu.
Komentar Antarjo Dikin yang diterbitkan oleh salah media online (www.republika.co.id) mengatakan bahwa pihak Ditjen Imigrasi Kecolongan akan keberadaan warga asing tersebut.
“Kalau saya bilang ini imigrasi kebobolan. Seharusnya kalau sudah lewat masanya kokbelum balik ya dicari-cari dong,” ujar Antarjo Dikin.
Berikut ini komentar Dirjen Imigrasi Ronnie Sompie yang disiarkan dalam grup Wartawan Imigrasi, mengatakan bahwa ;
Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati, Antarjo Dikin menyebutkan, Kantor Imigrasi telah kecolongan atas kegiatan berbahaya tersebut. Sejauh mana Pak Antarjo Dikin telah melakukan tindakan penegakan hukum sebagai Penyidik PPNS, ketimbang mencari kambing hitam kesalahan akibat kelalaian instansinya untuk mencegah masuknya bibit tanaman ke Indonesia melalui jalur checkpoints baik di bandara, pelabuhan ataukah perbatasan negara di perbatasan darat. 
Mengingat bibit dan tanaman itu membawa bakteri yang belum pernah ada di Indonesia, mengapa orang asing yang membawa bibit tanaman tidak bisa dicegah oleh Pihak Karantina tanaman????
Pengawasan orang asing bukan semata-mata menjadi tugas Ditjen Imigrasi, tapi juga menjadi tugas dan fungsi Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati yang dipimpin oleh Pak Antarjo Dikin sendiri. 
Kalau sudah tahu ada orang asing yg menanam tanaman berbahaya, mengapa tidak ditindak ??? Bagaimana peran institusi yg dipimpin Oleh Pak Antarjo Dikin untuk melakukan pengawasan yang harus diperbaiki dan Ditjen Imigrasi siap untuk bekerjasama menindak dan menegakan hukum bersama-sama. 
Tidak perlu melempar kelalaian dan mencari kambing hitam di luar instansi yang dipimpinnya, karena peran dalam melakukan pengawasan orang asing bisa dioptimalkan oleh Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati berkaitan dengan perbuatan pidana atau pelanggaran yang dilakukan orang asing dan masuk UU yang menjadi dasar pelaksanaan TUSI instansi tersebut.
Sekali lagi Ronnie Sompie menegaskan agar  saling bekerja sama dalam menegakkan hukum agar bangsa ini terhindar dari niat jahat oknum warga asing.
“Marilah kita saling bekerja sama tegakkan  hukum. Bukannya  malah saling menyalahkan atau mencari kambing hitam,” tegas Ronnie. (Yori)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!