BNN Dan Dewan Masjid Indonesia Sepakat Perangi Narkoba

  • Share
bnn-tandatangani_20161205_181436
Kesepakatan BNN Dan DMI dalam memerangi bahaya narkoba. (Ist)

Jakarta,Deteksionline.com – Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso, menandatangani Nota Kesepahaman dengan Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI), K.H. Masdar Faried Mas’udi, terkait upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang akan dilakukan BNN dengan DMI.

Penandatanganan dilakukan bersamaan dengan dibukanya Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) DMI ke II di Istana Wakil Presiden, Senin (5/12), oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, selaku Ketua Umum Pengurus Pusat DMI.

Dalam kehidupan masyarakat muslim, masjid memiliki kedudukan yang sangat penting. Melihat kondisi masyarakat yang banyak mengalami krisis di berbagai sektor kehidupan, masjid dituntut untuk memiliki peran dan fungsi membimbing dan memecahkan persoalan yang ada di masyarakat. Karena itu, sudah sepantasnya jika masjid disebut sebagai pusat pembinaan dan pengembangan umat.

Mengutip dasar tersebut, BNN menyasar DMI sebagai organisasi kemasyarakatan islam yang mewadahi Takmir/Pengurus Masjid dan Musholla dalam melaksanakan gerakan pemberdayaan masjid untuk turut berpartisipasi memerangi tindak penyalahgunaan Narkoba di Indonesia. Langkah awal yang dilakukan adalah dengan ditandatanganinya Nota kesepahaman antara BNN dengan DMI.

Nota kesepahaman ini, akan menjadi dasar kerjasama antara BNN dan DMI dalam melakukan berbagai sinergitas terkait upaya P4GN melalui aktifitas keagamaan. Ruang lingkup kerjasama yang disepakati meliputi beberapa hal, diantaranya adalah Membangun komitmen bersama dalam penyebarluasan informasi bahaya penyalahgunaan Narkoba dan penanganannya. DMI sepakat untuk selalu menyisipkan kampanye STOP NARKOBA ke dalam khotbah jumat, peringatan hari besar, pengajian dan ceramah keagamaan lainnya.

Keduanya sepakat untuk terus melakukan pengembangan kapasitas P4GN bagi anggota DMI sebagai penggiat anti Narkoba dan melakukan pemberdayaan masjid sebagai tempat pembinaan kader umat melalui berbagai aktivitas pendidikan dan dakwah tentang P4GN. DMI dan BNN juga sepakat untuk melakukan pelaksanaan tes/uji Narkoba di lingkungan DMI yang diselenggarakan oleh BNN atas permintaan pihak DMI.

Dengan dilakukannya kerjasama ini, diharap mampu meningkatkan imunitas masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan Narkoba. Tidak hanya itu, BNN berharap DMI dapat menjadi partner yang tepat dalam mensinergikan upaya P4GN melalui aktifitas keagamaan.(Ulis/Yori)

 608 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *