Cegah Pungli,Kasie SIM Lakukan Ini…

  • Share
IMG-20160803-WA012
Kepala Seksi (Kasie) SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Doni Hermawan SIK.

Jakarta,Deteksionline.com  Beberapa Minggu lalu hingga saat ini, berita Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap anggota Polri di Lingkungan Satpas SIM Daan Mogot masih terngiang kencang di telinga.

Saat itu Tim khusus ‘Saber Pungli’ bentukan Kapolri Jenderal Tito Karnavian berhasil menjaring belasan oknum anggota Polri saat melakukan penyalahgunaan wewenang (pungli) di Lingkungan Satpas SIM Daan Mogot.

Jauh hari sebelum itu, Kepala seksi (Kasie) SIM Kompol Doni Hermawan SIK berkomitmen untuk memberangus budaya Pungli dan menciptakan pelayanan prima tanpa calo.

“Jauh hari sebelum OTT itu rame, saya sudah terlebih dahulu bertindak. Ada beberapa oknum anggota (Polri) yang kami amankan bahkan ada yang sudah dipecat saat itu. Kemudian kami juga sudah menciptakannya pelayanan yang terbebas dari segala praktek percaloan,” ujar Kompol Doni Hermawan .SIK kepada Deteksionline.com, Selasa (25/10).

Untuk mencegah segala bentuk Pungli di lingkungan Satpas SIM dan SIM keliling (SIMLING). Kompol Doni selalu menerapkan ini ;

1. Membentuk Timsus yang dipimpin langsung oleh Kompol Doni Hermawan (Kasie SIM) bertugas melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di SIMLING dan kantor unit SIM yang berada di wilayah.

2. Melakukan pengawasan melekat (Waskat), guna mengontrol kinerja seluruh anggota di lapangan.

3. Melakukan pertemuan rutin dengan perwira penanggung jawab di unit masing-masing guna diberikan pengarahan dan instruksi akan betapa pentingnya pelayanan prima Zero Pungli.

4. Untuk anggota yang tertangkap dalam OTT tidak akan ada pembelaan, seluruh proses hukum (kode etik) diserahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwenang, dalam hal ini Bidang Propam dan Irwasda.

“Jabaran tersebut merupakan Sebagian kecil langkah awal dalam memberangus praktek Pungli dan penyalahgunaan wewenang,” tutup Kompol Doni. (Yori/Ulis).

 665 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *