Rumah Kamnas yakin Polri makin Profesional

  • Share

 

img-20161011-wa0007
Maksum Zubbair

JAKARTA,DETEKSIONLINE: Rumah Kamnas semakin optimistis polisi dimasa akan datang semakin profesional, modern dan terpercaya, dan bisa sejajar dengan polisi di negara-negara maju.

“Saya saya yakin, polisi Indonesia tak kalah dengan polisi-polisi di negara-negara lain. Polisi Indonesia sudah semakin maju,” ungkap Ketua Rumah Kamnas, Maksum Zubair kepada wartawan, Selasa (11/10).

Menurut Maksum, rasa optimisme itu terbangun, setelah melihat kemajuan dan agenda-agenda Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian yang menunjukkan kearah itu.

Di antaranya, terlihat dari 10 program prioritas Kapolri Jenderal Tito Karnavian, sebagai berikut;

1. Pemantapan reformasi internal Polri.

2. Peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dan berbasis teknologi informasi.

3. Penanganan kelompok radikal prokekerasan dan intoleransi yang lebih optimal.

4. Peningkatan profesionalisme Polri menuju keunggulan.

5. Peningkatan kesejahteraan anggota Polri.

6. Tata kelembagaan, pemenuhan proporsionalitas anggaran, dan kebutuhan min sarpras.

7. Bangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas.

8. Penguatan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

9. Penegakan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan.

10. Penguatan pengawasan.

Ditambah lagi, tambah Maksum, Indonesia didaulat menjadi tuan rumah sidang umum Interpol ke-85 di 2016, dan sebelumnya, dua tahun lalu (3-7 November 2014), di Monaco.

“Sidang umum Interpol ke-85 ini akan berlangsung selama 5 hari pada tanggal 7 hingga 10 November 2016, dan akan dihadiri oleh perwakilan dari 190 negara dengan jumlah delegasi mencapai ribuan orang. Dan sidang Interpol ini diklaim terbesar kedua setelah Sidang Umum PBB yang digelar di New York,” kata Maksum.

Sementara, sambung Maksum, polisi Indonesia jumlahnya terbesar kedua dengan jumlah 430 ribu setelah Tiongkok.

Apa Interpol?

Maksum pun menjelaskan bawa Interpol adalah organisasi polisi kriminal internasional. Kata ‘Interpol’ berasal dari dua kata ‘internasional’ dan ‘polisi’ atau Komisi Kepolisian Internasional. Interpol adalah organisasi ketat non-politik, non-agama, non-rasial di mana pasukan polisi lebih dari seratus negara yang berbeda bekerja sama satu sama lain. Kantor Pusat Interpol berada di Kota Lion, Prancis.

Interpol membuat Penggunaan cara-cara ilmiah yang paling modern untuk menangkap penjahat. Untuk melacak dan menangkap pelaku kejahatan adalah satu-satunya fungsi organisasi ini. Hal ini tidak dapat digunakan untuk kegiatan politik, militer atau agama. (Kh)

 469 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *