Rajin Ngemis, Muklis Berhasil Kumpulkan Uang Rp 90 juta

  • Share
img-20161011-wa0013
Mukhlis pengemis asal Padang yang berhasil mengumpulkan uang Rp 90 juta. (Foto:Ist)

Jakarta,Deteksionline.com Siapa sangka Mukhlis si Pengemis asal Padang, Sumatera Barat ini berhasil mengumpulkan banyak uang yaitu sebanyak Rp 90 juta . Diakuinya bahwa uang itu diperolehnya dari hasil mengemis di Jakarta selama enam tahun.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Mursidin menceritakan, pada awalnya petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) mendapati Muklis M (64) sedang mengemis di bawah Flyover Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

“Setiap hari kami lakukan patroli rutin untuk membersihkan PMKS, kami amankan saudara Mukhlis beserta uang Rp 90 juta, hasil jerih payahnya selama enam tahun. Yang buat kita kaget adalah pengakuannya yang menargetkan uang sebanyak 150 juta,” ujar Mursidin kepada Wartawan di Jakarta, Selasa (11/10).

Jika dilihat sepintas, tidak tampak jika Mukhlis memiliki uang puluhan juta, namun setelah digeledah ternyata terdapat uang pecahan seratus ribu mencapai 80 juta. Sedangkan uang 10 juta sisanya terdiri dari pecahan 50 ribu dan 20 ribuan. Ditambah pecahan receh kecil sebanyak 250.000 ribu.

“Awalnya ia tidak mau mengeluarkan uangnya. Tapi Setelah dirayu, akhirnya ia luluh juga, Uangnya disimpan di celana yang banyak kantongnya. Celana yang dipakai double tiga. Ketiga celana mempunyai banyak kantong. Dan setiap kantong terisi uang,” ucap Mursidin.

Mursidin menambahkan, untuk satu hari Mukhlis bisa mengumpulkan uang receh sekitar Rp 1 juta- Rp 2 juta.
“Uang yang diperoleh bentuknya recehan, setelah terkumpul ia langsung ke Bank Untuk menukarkan uang receh tersebut dengan uang kertas,” jelasnya.

Sekarang Muklis sudah dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1, Kedoya, Jakarta Barat, untuk dilakukan pembinaan.

” Karena mengemis, Mukhlis akan kami bina. Dan untuk uang itu tetap menjadi milik Muklis,” terangnya.

Mursidin menghimbau kepada warga Jakarta untuk tidak memberikan dalam bentuk apapun kepada pengemis, karena saat ini banyak modus peminta-minta.

“Kami harapkan masyarakat agar lebih cerdas dalam memberi sumbangan,” tutup Mursidin. (Yori)

 491 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *