Lagi-lagi Samsat Jaktim Ungkap Dua Mobil Bodong

  • Share

 

img-20160921-wa0020
Kanit Samsat Jakarta Timur AKP Beddy Suwendi bersama pemilik mobil yang tertipu oleh penjual mobil aspal (foto:samtim)

JAKARTA,Deteksionline.com Untuk kesekian kalinya Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) wilayah Jakarta Timur kembali menoleh prestasi saat berlangsungnya proses pelayanan publik Untuk Registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor. Dengan memanfaatkan teknologi komputerisasi dan sumber daya personel yang mumpuni, hari ini berhasil mengungkap dua mobil bodong atau tak bersurat.

“Temuan ini bukan hal baru, sebelumnya kami juga berhasil mengungkap berbagai macam data kendaraan  dan data pemilik palsu yang jumlahnya tidak sedikit. Dengan adanya temuan ini Kami jadi lebih waspada agar data palsu jangan sampai lolos,” ujar Kanit Samsat Jakarta Timur AKP Beddy Suwendi SH kepada Deteksionline.com di Jakarta (21/9).

img-20160921-wa0018
STNK dan BPKB palsu (foto: Samtim)

Dua mobil yang bermasalah tersebut kini telah disita dan di data, kedua mobil itu antara lain Honda Civic dengan nopol B 1049 BWA dengan proses Tukar Nama dan Mitsubishi Lancer dengan Nopol B 1740 EEN dengan proses cek fisik bantuan.

“Kedua kendaraan tersebut memang dihadirkan oleh pemilik barunya, mereka (pemilik) tidak mengetahui jika kendaraan tersebut bermasalah. Saat dilakukan sinkronisasi dengan data yang sebenarnya ternyata didapati bahwa data kedua mobil itu tidak sesuai dengan STNK dan BPKB nya. Bahkan ada yang dicek yang keluar malah data untuk roda dua (motor), ini kan konyol,” ucap Beddy.

Beddy menambahkan bahwa sumberdaya anggotanya juga memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk mengungkap segala bentuk pemalsuan hanya dengan melihat nopol kendaraan tersebut.

“Polisi itu punya insting yang kuat apabila berhadapan dengan segala bentuk pemalsuan dan kejahatan, saya sangat mengagumi semua personel saya bekerja dengan solid dan selalu teliti dalam mengerjakan tugas, berkat kejelian anggotalah maka kedua mobil bodong tersebut berhasil diungkap,” tambah Beddy.

AKP Beddy menghimbau dengan tegas kepada masyarakat yang ingin membeli mobil atau motor untuk berhati-hati agar tidak tertipu dengan penjahat.

“Jangan terpengaruh dengan dengan harga motor dan mobil yang jauh di bawah pasaran, sebab dicurigai kendaraan tersebut bermasalah. Di samping itu jangan sungkan untuk melibatkan petugas (Polisi) jika ingin membeli kendaraan, pastinya akan lebih aman,” tutup Beddy. (Yori)

 

 1,224 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *