Polda Metro Jaya Komitmen Berantas Pemalsuan KTP Dan Pencucian Uang

  • Share

IMG_20160622_132622
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono dan Dirkrimsus Kombes Fadil Imran dalam Rilis Pemalsuan KTP dan pencucian uang (foto:Yori)
JAKARTA,Deteksi‎online.com
Penyidik Polda Metro Jaya berkomitmen memberangus pelaku pemalsuan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Tindak pidana Pencucian uan‎g (Money Laundry).
Komitmen itu tampak dalam reaksi cepat penyidik Unit IV Cyber Crime Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya telah berhasil mengungkap kasus pemalsuan identitas (KTP) yang diperoleh dari internet kemudian dipergunakan untuk mengganti nomor handphone yang terregister dengan E-Banking nasabah milik korban dengan adanya itu pelaku dapat membuat kartu kredit dengan data palsu.
“Pelaku merasa lebih aman jika membuat nomor rekening (norek) dengan menggunakan identitas palsu, namun setiap aksi kejahatan pasti selalu ada celah untuk terungkap. Pertama kali pelaku ditangkap di kantor provider di PT Indosat dan dari sana penyidik berhasil menangkap pelaku yang lain di perumahan taman sunter Agung, Jakarta Utara,”ujar Kabid humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Awi Setiyono dalam siaran persnya kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (22/6).
Dari pengungkapan kasus ini, penyidik meringkus 4 orang pelaku antara lain ; GS, A, AH, dan PSS berikut barang bukti laptop, Hp, flashdisk, SIM card (selular), KTP (palsu), buku tabungan serta kartu ATM berbagai merek Bank. Keempat orang tersebut memiliki peran masing-masing.
“Pelaku ‎memiliki peran masing-masing dan terbilang cukup lihai dan rapi,” ucap Awi.
Akibat perbuatannya pelaku ‎dijerat dengan Pasal 263 KUHP diancam hukuman penjara selama lima tahun, dan melanggar UU RI No. 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun.
“Untuk aksi pelaku pastinya akan mendapatkan hukuman maksimal,” tegas Awi.
(DOL/Yori)

 

 1,059 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *