Close
download (6)
Menteri Pertahanan ryamizard Ryakudu (foto:Ist)

JAKARTA,DOL – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menegaskan anggota TNI Kolonel Agus Listyowarno (AL) yang terlibat sindikat peredaran uang palsu akan diproses hukum. Pelaku yang bertugas di Kemhan tersebut menurut Ryamizard harus dihukum berat atas perbuatannya.

“Pokoknya jika ada anggota yang salah ya akan tetap  dihukum, untuk bentuk hukumannya terserah sajalah mau dihukum apa,” ujar Ryamizard kepada wartawan di Jalan Teuku Umar, Jakarta pusat, Rabu (8/6).

Ryamizard memastikan jika proses hukum terhadap Kolonel Agus akan dilakukan oleh POM TNI.

Menurut penuturan Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul sebelumnya mengatakan, berdasarkan keterangan orang Bank Indonesia yang telah diperiksa sebagai saksi, kualitas uang palsu yang diamankan lumayan
halus.
Diterangkan bahwa untuk  Pembuatan uang palsu ini dilakukan dengan dua cara.  pertama, dilakukan dengan printer untuk menghaluskan. Dan kedua, dilakukan dengan sablon guna memperjelas tanda airnya.

“Menurut keterangan BI bahwa uang  palsu ini kualitasnya cukup baik, cukup halus sehingga sulit untuk dideteksi. Tetapi karena upaya dari penyidik Bareskrim kita bisa mencegah untuk tidak tersebar ke masyarakat,”terang Martinus

Kasus uang palsu ini juga terungkap dari  nomor seri yang digunakan pelaku juga terungkap. Pelaku menggunakan nomor seri yang asli yang memang sudah keluar dan beredar di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Cara membedakan uang asli dan palsu dengan melihat tanda air, meraba dan lainnya.

“Jika ada masyarakat yang tidak yakin dengan uangnya. Maka  serahkan kepada pihak Kepolisian kepada BI untuk mendata dan mengetahui jumlah uang palsu itu,” tutupnya.

 

 

Oleh : Yori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!