Setelah Polisi Ungkap Praktek Curang Di SPBU Ciputat, Kini SPBU Lain Pun Jadi Target Polisi

  • Share
spbusegel
Polisi Menunjukan Barang Bukti Praktek Curang Kurangi Takaran di SPBU Ciputat (Foto:Ist)

JAKARTA,DOL – Aparat kepolisian saat ini masih mendalami terus kecurangan di SPBU di Ciputat yang mengurangi takaran. Polisi pun menduga kasus seperti ini bisa terjadi pula di SPBU lain.

“Untuk sementara dari hasil penyelidikan baru SPBU di Ciputat itu. Tidak menutup kemungkinan di tempat lain (SPBU) ada ya bisa saja,” ujar Kasubdit Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Sutarmo dalam pesan singkatnya kepada Wartawan  di Jakarta, Selasa (7/6).

Sutarmo mengimbau kepada lapisan  masyarakat agar  berperan aktif dalam memberikan informasi kepada polisi apabila mendapati paktek  kecurangan di SPBU guna dilakukan penindakan.

“Kami imbau kepada masyarakat untuk melapor kepada kami apabila menemukan  hal-hal yang mencurigakan seperti yang terjadi di SPBU Ciputat,” himbaunya.

Sutarmo menegaskan bahwa tindak mengurangi takaran literan minyak  tersebut merupakan  perbuatan ilegal karena jelas merugikan  masyarakat khususnya konsumen.

“Segala bentuk kecurangan itu ranahnya sudah murni pidana,”jelasnya.

Sutarmo menegaskan bahwa  peralatan yang digunakan di SPBU Ciputat tersebut di luar ketentuan yang dipersyaratkan oleh Pertamina. “Sebenarnya kalau dia sesuai peraturan juga pasti untung. Ini karena maruk saja ingin cari untung yang lebih besar lagi,” imbuhnya.

Praktek tersebut telah terjadi selama satu tahun. Lima orang yang terdiri dari 3 orang pengelola dan 2 orang pengawas ini mendapatkan keuntungan diperkirakan mencapai Rp 3,6 miliar selama satu tahun melakukan kegiatan ilegal tersebut.

“Mereka ini pake alat yang tidak distandarkan oleh Pertamina oleh karena itu tarakaran bensin untuk konsumen berkurang, misalnya dari 20 liter berkurang 1 liter dan yang dirugikan konsumen. Untuk itu mereka kami kenakan UU Perlindungan Konsumen,”tutupnya.

 

Oleh:Yori/Dra/Lis

 393 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *