Wapres : Pemerintah Tak Akan Pensiunkan 1 Juta PNS

  • Share
download (4)
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (Foto:Ist)

JAKARTA,DOL – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa tidak ada rencana pemerintah untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebanyak 1 juta Pegawai Negeri Sipil.

“Sebenarnya gak ada sama sekali PHK itu,” ujar Jusuf Kalla kepada wartawan di Jakarta, Jumat (3/6).

Kalla mengatakan, Pemerintah tidak mungkin merumahkan sebanyak 1 juta PNS.

Angka (1 juta) itu muncul hanya sebatas hasil hitungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi saja.

“Itu hanya hitung-hitungan oleh Kempan RB dalam rangka efisiensi dan reformasi birokrasi. Tetapi kita, seperti yang anda ketahui bersama bahwa  dalam pertemuan yang lalu, justru yang kita ambil ialah suatu PNS efektif tanpa menyulitkan. Jadi bukan tiba-tiba langsung  dipensiunkan,” ucap Kalla.

Kalla menjelaskan, angka tersebut didapat dari jumlah PNS yang telah pensiun selama 8 tahun, sehingga jika dihitung setiap tahunnya ada sekitar 120.000 PNS dan diimbangi juga dengan kebijakan moratorium penerimaan PNS hingga tahun 2019.

“Intina  kita (pemeintah)  tidak akan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) kan. Sebab Pegawai negeri tidak ada istilah PHK. Hanya pensiun alamiah saja. Kenapa itu angka 8 tahun itu? 8 tahun berarti kira-kira 500.000 bedanya nanti. Tetapi tidak merusak apa-apa,” tutup Kalla.

 

 

 367 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *