Polisi Dan Dishub Akan Tertibkan Uber Cs

  • Share
IMG_20160509_141342
Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto (Foto:Yori)

JAKARTA,DOL – Pihak Kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menggelar operasi penertiban terhadap transportasi umum berbasis online seperti Grab, Uber Taksi, dan sejenisnya.

“‎‎Kami bekerjasama dengan Dinas Perhubungan akan disiplinkan semuanya, batas waktunya kan sudah diberikan Dinas Perhubungan 31 Mei,” ujar Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Agung Budi Maryoto‎  kepada Wartawan di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (1/6).

Agung menjelaskan bahwa operasi penertiban tersebut menyusul keputusan Pemerintah yang menetapkan masa tenggang waktu untuk mengurus izin persyaratan beroperasi transportasi berbasis aplikasi online telah selesai.

Agung menambahkan, penegakan hukum akan dijalankan bagi operator yang belum melakukan uji KIR atau kelaikan kendaraan dan prosedur lainnya yang diatur.

“Sesuai ketentuan bahwa kendaraan yang belum KIR  ya enggak boleh jalan,” ucap Agung.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengungkapkan bahwa sampai sekarang dari 3.300 kendaraan berbasis aplikasi online, Uber dan Grab yang mengurus uji kelayakan ‎kendaraan bermotor atau KIR baru sekitar 300-an mobil.

Jika sekarang masih ada kendaraan tersebut yang belum memenuhi persyaratan, Jonan menganjurkan aparat yang bertugas di lapangan untuk menindak tegas.

“Pada prinsipnya belum memenuhi aturan itu maka tidak boleh jalan, jika nekat jalan maka akan dikandangkan mobilnya,” tegas Ignasius Jonan kepada Wartawan di Jakarta, Rabu (1/6).

 

Oleh : Yori/Dra/Lis

 449 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *