by

Satpas SIM Polda Metro Jaya Terapkan Satu Pintu, Untuk Halau Calo

sim
Ilustrasi SIM (foto :Ist)

JAKARTA,DOL- Ombudsman mengungkapkan bahwa  Praktek percaloan dalam pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) kian marak. Mereka menemukan sejumlah pelanggaran administrasi dalam penertiban SIM tersebut di sejumlah Unit Satpas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono mengatakan sistem pelayanan SIM akan diubah melalui sistem satu pintu. Dimana semua transaksi akan diselesaikan hanya  dengan satu loket.

“Bapak Presiden (Joko Widodo) melalui Kapolri (Jenderal Badrodin Haiti) sudah memerintahkan perbaikan pelayanan di Satpas SIM dan saat ini pokja sedang menggodok  sistem pelayanan SIM yang diharapkan dengan penerapan sistem satu loket semua administrasi dapat  selesai dengan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Awi kepada Deteksionline.com, Rabu (25/5/2016).

“Jadi berkasnya selesai satu pintu. Bukan pemohon yang berjalan dari loket yang satu ke loket lainnya. Dan hal ini untuk memangkas birokrasi dan percaloan yang dianggap berbeli-belit ,”ucapnya.

Awi menambahkan bahwa, Kapolda Metro Jaya sudah berkomitmen untuk menindak oknum-oknum yang melakukan percaloan, ia menegaskan baha untuk  penindakan akan dilakukan langsung oleh Propam Polda Metro Jaya.

“Bapak kapolda sudah komitmen siapa yang salah harus bertanggungjawab, karena pimpinan sudah perintahkan untuk pelayanan polri bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN),” tegas dia.

Diberitakan sebelumnya bahwa Komisioner Ombudsman, Adrianus Meliala mengatakan, beberapa pelanggaran administrasi tersebut antara lain; penyimpangan prosedur, permintaan imbalan uang dan praktik percaloan.

“Tim Ombudsman bahkan merekam kegiatan percaloan dan penyimpangan prosedur ini melalui video dan akan mengirimkan ke Mahkamah Agung untuk ditindaklanjuti,” kata dia kemarin.

 

Oleh : Yori

 130 total views,  1 views today

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed