Si Doel Diperiksa KPK Sebagai Saksi Kasus Suap Bank Banten

  • Share
rano
Gubernur Banten Rano Karno (Foto : Ist)

JAKARTA,DOL – Setelah Memeriksa petinggi DPRD Banten,kini penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil dan memeriksa Gubernur Banten, Rano Karno atau yang akrab dipanggil si Doel , Hari ini Jumat (22/1). Pemanggilan Rano Karno  kali ini diperiksa  saksi untuk kasus dugaan suap pemulusan penyertaan modal PT BGD pada ABPD tahun anggaran 2016 untuk pembentukan Bank Banten untuk tersangka Ricky Tampinongkol (RT).

“Rano Karno Dipanggil penyidik sebagai saksi untuk kasus suap dengan Tersangka Ricky Tampinongkol  sebagai Direktur Utama PT Banten Global Development,” ujar Pelaksana harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati saat dikonfirmasi Wartawan,Jum’at (22/1).

Si Doel tiba di Gedung KPK sejak pukul 08.30 WIB. Namun, ketika ditanya Wartawan ia hanya tersenyum dan menolak untuk berkomentar banyak terkait kasus tersebut.

“iya diperiksa sebagai saksi untuk pak Ricky,” ucap Doel.

Seperti diketahui bahwa Kasus suap ini mencuat kepermukaan setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan di kawasan Serpong, Banten, pada Selasa, 1 Desember 2015 silam. KPK menangkap Wakil Ketua DPRD Banten, SM Hartono; Anggota DPRD Banten, Tri Satria Santosa, dan direktur BUMD Banten Global.

Saat ditangkap, telah terjadi transaksi suap terkait pembentukan Bank Pembangunan Daerah Banten. Pada saat kejadian, KPK menyita US$11.000 dan Rp60 juta.

Untuk kasus ini  KPK telah menetapkan tiga orang itu sebagai tersangka. Sebagai pihak penerima suap, Tri dan Hartono disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Sedangkan Ricky sebagai tersangka yang diduga pemberi suap. Ricky dijerat Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
Oleh : Yori

 726 total views,  3 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *