Close

Oleh : Ryan Septriyawan

DOL– Cedera adalah momok yang menakutkan bagi para pesepakbola mana pun di dunia ini. Apalagi di era sepakbola modern seperti saat ini. Cedera seperti patah kaki akibat benturan yang tidak disengaja maupun akibat Tackle dari para lawan cukup mengerikan dan bahkan tidak terelakan lagi. Dengan begitu para pemain mengalami cedera bisa saja mengalami traumatis, yang bisa saja mengurangi performa para pelaku sepakbola tersebut di atas lapangan hijau. Dan inilah beberapa pemain sepakbola versi Deteksi yang pernah mengalami horror tackle di dunia sepakbola.

_85754822_luke_shaw_gettyLuke Shaw
Pada pertandingan Manchester United menghadapi tuan rumah PSV Eindhoven di Liga Champions 2015/16. Ada sebuah kejadian yang tak mungkin dilupakan seumur hidupnya oleh Bek sayap kiri setan merah, Luke Shaw. Tepat pada menit 14’ babak pertama petaka itu terjadi, Luke Shaw yang pada saat itu sedang menggiring bola ke jantung pertahanan PSV Eindhoven harus di jegal oleh Hector Moreno. Setelah benturan itu terjadi kaki kanan Luke Shaw terlihat patah. Alhasil pemain jebolan akademi Southampton tersebut harus menepi dari lapangan hijau selama hampir setengah musim kedepan.

Ezequiel Ham

Pemain klub Argentinos Junior, Ezequiel Ham juga harus merasakan sakitnya patah tulang tibia dan fibula, setelah secara tidak sengaja mendapat benturan dari pemain Boca Juniors, Carlos Tevez. Dari Replay pertandingan Argentinos Juniors menghadapi Boca Juniors tersebut, mantan penyerang Juventus itu terlihat menginjak tulang kering bagian kaki Ezequiel Ham. Dan sama seperti kejadian Luke Shaw. Sang pengadil di lapangan tidak memberikan hukuman atas apa yang dilakukan sang pelanggar. Namun seusai laga Tevez juga telah meminta maaf dan juga sedih atas apa yang telah terjadi.
Federico Mattiello

Pemain muda Juventus Federico Mattiello yang kini dipinjamkan ke Chievo Verona juga sempat merasakan apa yang dirasakan Ezequiel Ham. Pada musim lalu pada saat pertandingan Chievo melawan AS Roma, Mattiello yang tengah memprebutkan bola di lini tengah harus berbenturan dengan gelandang berdarah Indonesia, Radja Nainggolan. Secara tidak sengaja pemain berdarah batak itu menginjak bagian kaki Mattiello. Alhasil Mattiello pun harus masuk meja operasi akibat tackle yang dilakukan Nainggolan.
Aaron Ramsey & Eduardo Da Silva
Dua pemain Arsenal, Aaron Ramsey dan Eduardo Da Silva juga pernah mengalami sengitnya Liga Primier Inggris. Eduardo yang kini membela Shakhtar Donetsk pernah merasakan hampir kehilangan pergelangan kakinya. Pada saat menghadapi Birmingham City, pemain belakang Martin Taylor melayangkan tackle keras pada bagian ankle kaki kiri Eduardo, yang terlihat hampir kehilangan bagian kakinya jikalau kaos kaki yang Eduardo pakai sobek. Sedangkan musim berikutnya Aaron Ramsey harus merasakan tackle keras Kapten Stoke City, Ryan Shawcross. Yang hampir saja membuat kapten timnas Wales tersebut pension dini.
Boaz Solossa
Pemain berbakat milik Persipura Jayapura dan Timnas Indonesia, Boaz Solossa. Juga pernah mengalami cedera patah kaki pada bagian ankle kaki kirinya hingga dua kali. Cedera pertama kapten Persipura tersebuat pada saat final Tiger’s Cup (Kini AFF Cup) tahun 2004 menghadapi Singapura dan Cedera kedua Boaz alami pada saat pertandingan persahabatan Indonesia menghadapi Hong Kong. Namun berkat kegigihan dan kerja keras Boaz, kapten mutiara hitam ini mampu kepada performa terbaiknya hingga mampu membawa Persipura Jayapura sebagai jawara Indonesian Super League (ISL) di beberapa musim terakhir. Dan di AFC Cup 2014/15, Boaz cs mampu menembus babak semifinal sebelum ditaklukan klub dari Kuwait, Al Qadsia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll UpScroll Up
Share this product!